Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/03/2015, 15:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

 

KOMPAS.com - Berdasarkan sebuah penelitian, orang tua dari anak obesitas tak akan sadar bahwa anaknya menderita obesitas, kecuali jika obesitas sudah dalam kondisi ekstrim. Obesitas yang bertambah parah dalam beberapa dekade terakhir, kini mulai menyentuh anak berusia empat hingga lima tahun. Faktanya, di Inggris, 36 persen dari anak-anak berusia 10-11 tahun, dan 20 persen anak berusia 4-5 tahun telah mengalami obesitas.

Penelitian yang dilakukan oleh London Scholl of Hygiene & Tropical Midicine dan UCL Institute of Child Health ini menyimpulkan bahwa banyak orang tua yang tak menyadari anaknya tergolong obesitas, dan pada akhirnya tak dapat memberikan solusi yang tepat.

"Jika orang tua tak dapat mengatur berat badan anaknya secara tepat, mereka mungkin tak dapat memotivasi atau mengubah lingkungan yang dapat mengubah dan mengontrol kesehatan anak," ujar Dr Sanjay Kinra, penulis penelitian.

Para peneliti memberi pertanyaan kepada orang tua mengenai indeks masa tubuh anak, dan diminta untuk mengklasifikasikan obesitas, yaitu sangat obesitas, obesitas, berat badan normal, atau tidak normal. Hasilnya, 31 persen orang tua menganggap remeh indeks masa tubuh anaknya. Hanya empat orang tua yang mendeskripsikan anaknya obesitas, padahal 369 anak digolongkan obesitas. 

Hasil penelitian berikutnya juga menemukan, bahwa orang tua berdarah Afrika dan Asia Selatan.cenderung menggangap remeh berat badan anaknya. Selanjutnya, anak pria yang gemuk juga dianggap lebih biasa ketimbang anak perempuan yang gemuk.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com