Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/03/2015, 22:00 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

Sumber Redbook

KOMPAS.com – Bicara soal wanita dan orgasme memang merupakan topik menarik untuk dibahas. Sebab, sudah bukan rahasia lagi bahwa tidak semua wanita yang aktif berhubungan seksual bisa merasakan orgasme sesuai kebutuhan dan keinginan mereka.

Bagi pasangan suami istri, momen intimasi yang dilewatkan dengan aktivitas bercinta, tentunya untuk mencapai tahap klimaks atau orgasme. Namun, bentuk pencapaian kepuasan ini ternyata tidak sama pada masing-masing pasangan. Berikut tiga fakta mengenai orgasme wanita:

43 Persen wanita sulit rasakan orgasme
Menurut data statistik Planned Parenthood mengatakan bahwa satu dari tiga wanita mengalami kesulitan untuk mencapai tahap klimaks bercinta. Lalu, data yang sama juga menuliskan bahwa rata-rata 80 persen wanita mengaku tidak mendapatkan orgasme dari penetrasi seksual.

Menurut seorang perawat yang bekerja di Planned Parenthood, Lisa Stern, RN, MSN, mengatakan salah satu kiat untuk membantu wanita meraih orgasme adalah dengan stimulasi di area klitoris saat penetrasi tengah berlangsung.

“Disfungsi seksual atau female sexual dysfunction (FSD) terjadi karena ketidakmampuan meraih orgasme. Kondisi ini dialami oleh setidaknya 43 persen wanita. Begitulah laporan dari sejumlah survei dan investigasi medis belakangan ini,” ujar Stern.

Seiring usia, orgasme terasa lebih mudah
Menurut Debby Herbenick, PhD, seorang peneliti di Indiana University dan penulis Because It Feels Good, mengatakan bahwa 61 persen wanita berusia 18 hingga 24 tahun tidak sulit orgasme. Kemudian, sebanyak 65 persen wanita usia 30-an mengaku selalu merasakan orgasme kala bercinta. Selanjutnya, Herbenick menuturkan, sebanyak 70 persen wanita berusia 40 hingga 50 tahun lebih sering menikmati orgasme.

“Hasil penelitian tidak menjelaskan soal mengapa seiring usia wanita lebih sering merasakan orgasme. Menurut pandangan saya, ini karena faktor kepercayaan diri wanita yang terbentuk optimal saat usia mereka lebih matang. Mereka lebih percaya diri saat beraksi di atas ranjang dan mereka sudah nyaman dengan tubuh sendiri. Selain itu, wanita yang berada dalam hubungan yang telah lama juga mudah merasakan orgasme,” urai Herbenick.

Wanita butuh waktu lebih lama untuk capai orgasme
Soal hubungan seks, banyak wanita membutuhkan waktu lebih lama untuk menikmati orgasme ketimbang pria. Kondisi ini, menurut Stern, benar-benar normal. “Jika pasangan Anda lebih dulu raih klimaks, ada sejumlah cara untuk menghindari situasi serupa terjadi berkali-kali,” jelas Stern.

Beberapa cara yang disarankan oleh Stern adalah melatih pikiran atau yang biasa disebut mental exercise. Selain itu, mengencangkan tekanan vagina di sekitar dasar penis, kata Stern, bisa Anda aplikasikan agar momen bercinta berjalan “adil” dan saling memuaskan kedua belah pihak.

Namun, apabila, suami Anda mengalami ejakulasi dini, sebaiknya segera konsultasi pada dokter untuk secepat mungkin menemukan solusi terbaik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Redbook
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com