Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/04/2015, 12:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS.com -
Merawat anak remaja memang bukan soal mudah. Adrenalin saat berusia belia memang memicu sifat pembangkang, dimana pada umumnya dirasakan oleh semua orang tua saat sang anak beranjak dewasa.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Toronto, dan Bowling Green State University, Ohio, sebenarnya ada cara yang sangat mudah untuk membantu anak remaja untuk mendapatkan nilai yang lebih baik di sekolah, dan terhindar dari bahaya pergaulan bebas.

Lewat analisis data sampel anak-anak dan remaja dari beberapa negara pada tahun 1997 dan 2002, nyatanya Anda hanya perlu menghabiskan waktu minimal enam jam dalam seminggu bersama anak remaja Anda. Saat meluangkan waktu keluarga pun, sebenarnya tak berpengaruh apakah anak remaja sibuk menonton televisi atau bermain telepon genggam. Karena menurut penelitian ini, yang paling terpenting adalah kehadiran Anda dan kebersamaan bersama anak remaja Anda.

Penelitian ini, juga menemukan, bahwa semakin banyak waktu yang dihabiskan orang tua bersama anak mereka saat berusia dibawah 12 tahun, maka akan semakin memberi pengaruh pada sikap anak saat beranjak dewasa.

Terakhir, ibu yang bekerja di luar rumah ternyata tak memiliki pengaruh terhadap anak-anak mereka, asalkan tetap memberikan waktu yang dianjurkan di atas, yakni minimal enam jam dalam satu minggu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com