Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Menggunakan Pengering Rambut Terlalu Sering

Kompas.com - 01/04/2015, 14:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Bagi para wanita, alat pengering rambut atau hair dryer merupakan alat penataan rambut esensial untuk mempercantik penampilan. Sebelum beraktivitas, tidak sedikit di antara kaum wanita yang menata rambut mereka dengan menggunakan hair dryer. Namun, harus disadari bahwa alat ini pun memiliki efek samping bagi rambut Anda. 

Micki Charles, penata rambut di Cutler/Redken Salons mengungkapkan, idealnya Anda tidak boleh mengeringkan rambut dengan hair dryer lebih dari tiga kali dalam seminggu. "Sebab, bila dilakukan terlalu sering, maka minyak alami pada kulit kepala akan kering dan menghilang. Padahal, minyak ini berguna untuk melindungi rambut dari elemen yang mengganggu vitalitas," sebutnya. 

Terkait berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengeringkan rambut dengan hair dryer, Albert K, pemilik Top Secret Salon and Spa di New York dan pakar penataan rambut dari ForStyler Hair Professional memaparkan, kalau proses pengeringan tergantung jenis dan ketebalan rambut masing-masing. Oleh karenanya, Albert K menyarankan Anda memperhatikan tahapan pengeringan sebelum menggunakan hair dryer. 

"Untuk rambut keriting atau mengembang, keringkan sekitar 30 persen. Untuk rambut lurus dan kasar, keringkan sekitar 70 persen dan untuk rambut rusak, keringkan sekitar 80 persen," sebut Albert K.

Nah, hal lain yang harus Anda perhatikan dalam pemakaian hair dryer adalah jangan pernah lupa untuk melindungi rambut Anda sebelum mengeringkannya. Albert K menyarankan Anda untuk mengaplikasikan serum pelindung dari panas pada rambut Anda. Sebab, serum ini bermanfaat untuk menghindari rambut kering atau rusak yang seharusnya tak terjadi.

"Anda pun juga harus menjaga rambut dalam kondisi tetap baik ketika Anda tidak menggunakan alat pengering rambut. Perawatan berupa deep conditioning atau hair mask harus diaplikasikan dari pangkal rambut sampai ujungnya untuk menutrisi rambut secara menyeluruh," jelas Albert K.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com