Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/04/2015, 13:09 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com –Umumnya, sepasang bayi kembar lahir dengan selang waktu hitungan menit. Lalu, apa jadinya bila sepasang bayi kembar lahir dengan rentang waktu hingga berhari-hari?

Bayi kembar Alexandre dan Ronaldo Antunes menyita perhatian bidang medis lantaran lahir berselang 24 hari. Persalinan unik ini dialami oleh seorang wanita asal Amerika Serikat

Sebuah persalinan unik  bayi kembar dialami oleh seorang wanita asal Amerika Serikat, Lindalda da Silva. Melahirkan di Tufts Medical Centre, AS, da Silva melahirkan bayi Alexandre dan Ronaldo Antunes. Pasangan bayi kembar ini memiliki rentang usia mencapai 24 hari!

Jadi, saat usia kandungan da Silva mencapai 24 minggu, tim dokter yang membantu kelahiran Alexandre dialihkan ke unit NICU. Namun, tim dokter menyatakan bahwa Ronaldo dinyatakan belum siap untuk keluar dari rahim sang ibu.

Akhirnya, para dokter memutuskan untuk merawat da Silva di rumah sakit sampai kondisi Ronaldo cukup baik dan kuat untuk dilahirkan.

Baru 24 hari kemudian, bayi Ronaldo akhirnya menghirup udara dunia untuk kali pertama. Menurut istilah medis, da Silva mengalami kondisi penundaan interval kelahiran atau delayed interval delivery, sebuah kondisi yang cukup langka.

"Kondisi ini sangat langka. Hal yang dialami dua bayi ini lebih langka karena sepasang bayi kembar dilahirkan berselang hampir sebulan dan tetap bertahan hidup," kata Dr Sabrina Cargio, dokter yang membantu kelahiran Alexandre dan Ronaldo.

Menurut dr Cargio, kondisi kedua bayi ini tidak hanya tetap bertahan hidup meski lahir berselang hampir sebulan, tapi kondisi kesehatan mereka tetap baik. Menurut para dokter dan staf medis di rumah sakit tempat mereka lahir, kondisi kedua bayi ini merupakan berkah dan mukjizat tersendiri bagi mereka.

Untuk merayakan dan sebagai ungkapan rasa syukur, ayah ibu Alexandre dan Ronaldo akhirnya merayakan kelahiran bayi kembar tersebut di rumah sakit. Menurut pihak keluarga, menggelar perayaan tersebut merupakan salah satu cara untuk mengucapkan terima kasih kepada staf rumah sakit.

"Ini sangat luar biasa. Kami sangat bersyukur karena dapat merayakan ulang tahun Alexandre dan Ronaldo yang pertama. Terima kasih banyak," ucap ayah kedua bayi kembar tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com