Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/04/2015, 14:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com — Anda yang berasal dari keluarga besar pastilah tidak asing dengan kondisi rumah yang ramai dan relatif bising. Namun, seiring berkembangnya zaman, terjadi pergeseran pandangan tentang jumlah anak dalam keluarga. Sekarang, kebanyakan orangtua hanya ingin memiliki sedikit anak, yakni sekitar dua atau tiga orang anak saja.

Sejak tahun 1950-an, total tingkat fertilitas di dunia telah menurun, dari sekitar 4,95 anak per ibu menjadi hanya 2,36 anak. Kondisi ini dinamakan paradoks demografi ekonomi. Artinya, ketika standar kehidupan meningkat, maka keluarga akan memilih untuk memiliki sedikit anak.

Namun, meskipun telah terjadi pergeseran kualitas dan pandangan hidup, ternyata masih ada beberapa orangtua yang dilaporkan memiliki banyak anak. Mengutip situs The Richest, berikut lima orang wanita yang memiliki anak terbanyak di dunia.

1. Nyonya Vassilyev (69 orang anak)
Tidak banyak yang diketahui tentang Nyonya Vassilyev, termasuk nama aslinya. Namun, yang diketahui dari wanita ini adalah dirinya tercatat dalam Guinness World Records sebagai wanita paling subur di dunia. Dikabarkan, Nyonya Vassilyev hidup pada abad ke-18 di Shuya, Rusia, dan memiliki 69 orang anak.

Jumlah anak yang teramat banyak itu merupakan hasil dari 27 kali kehamilan yang terjadi antara tahun 1725 hingga 1765, termasuk di dalamnya adalah 16 pasang anak kembar, tujuh pasang anak kembar tiga, dan empat pasang anak kembar empat. Uniknya, hanya dua orang anak yang berhasil hidup sampai tua.

2. Nyonya Gravata (62 orang anak)
Keluarga Gravata menghebohkan publik ketika tampil di surat kabar pada Oktober 1923 yang mengabarkan bahwa seorang wanita dari Palermo, Italia, melahirkan anak yang ke-62. Nama wanita itu adalah Rosa Gravata.

Kehamilannya berhasil melahirkan dua pasang anak kembar tiga, sepasang anak kembar empat, sepasang anak kembar lima, dan sepasang anak kembar enam. Sisanya adalah kehamilan tunggal yang tak melahirkan anak kembar. Semua anak Nyonya Gravata lahir dalam kondisi sehat. Namun, tidak diketahui jumlah anak yang tetap hidup sampai usia dewasa.

3. Nyonya Kirillov (57 orang anak)
Nyonya Kirillov berasal dari Vvedensky, Rusia, dilaporkan telah melahirkan 57 orang anak sepanjang hidupnya. Semua anak Nyonya Kirillov merupakan hasil dari 21 kali kehamilan, termasuk di dalamnya 10 pasang anak kembar, tujuh pasang anak kembar tiga, dan empat pasang anak kembar empat.

Tidak banyak yang diketahui tentang Nyonya Kirillov dan anak-anaknya, tetapi sebuah dokumen menyatakan bahwa keluarga Kirillov, termasuk 57 orang anaknya, pernah menghadiri sebuah sidang pengadilan pada tahun 1755 silam.

4. Leontina Albina (55 orang anak)
Leontina Albina memegang rekor modern untuk jumlah anak terbanyak di dunia dari rahim seorang wanita. Leontina lahir di Cile pada tahun 1926 dan menyatakan bahwa dirinya adalah ibu dari 64 orang anak. Dari 64 orang anak itu, hanya 55 yang terdokumentasi karena saat itu catatan administrasi merupakan hal langka di Cile.

Terlepas dari akurasi pengakuannya, kedua angka tersebut sangat fantastis. Menurut sang suami, 11 orang anak mereka tewas saat bencana gempa bumi melanda Cile dan hanya menyisakan 40 orang anak yang hidup sampai dewasa.

5. Barbara Stratzmann (53 orang anak)
Barbara lahir di Bönnigheim, Jerman, pada tahun 1448 dan dikabarkan telah melahirkan 53 orang anak. Saat usianya menginjak 50 tahun, dia telah melahirkan sebanyak 29 kali, termasuk lima pasang anak kembar, empat pasang anak kembar tiga, sepasang anak kembar enam, dan sepasang anak kembar tujuh.

Dari 53 orang anak Barbara, 19 orang di antaranya meninggal saat masih bayi. Jadi, hanya 34 orang anak yang berhasil hidup sampai usia dewasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com