Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, "Teman Tapi Mesra" Tidak Akan Berlanjut ke Pacaran

Kompas.com - 06/04/2015, 13:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com –
Tak sedikit manusia dewasa yang takut akan komitmen. Dalam menjalin hubungan, biasanya mereka memilih komitmen yang tidak terlalu serius. Jenis hubungan tersebut sekarang ini populer dengan sebutan “Teman tapi Mesra” atau TTM.

Sebenarnya, TTM akan menyenangkan dan seru selama Anda dan si dia tidak menjalaninya dengan perasaan. Sebab, jika perasaan mulai bermain maka hubungan TTM bisa berakhir runyam dan menyakitkan.

Belakangan ini, sebuah studi dihelat untuk meneliti mengenai hubungan asmara kasual. Hasilnya, hanya 15 persen hubungan “Teman tapi Mesra” yang sukses bergulir menjadi hubungan serius.

Studi ini dilakukan selama satu tahun dan melibatkan 191 partisipan yang tengah menjalani hubungan “Teman tapi Mesra”. Mereka diminta melakukan dua survei online yang dilakukan di awal tahun dan 12 bulan kemudian.

Survei pertama terdiri atas beberapa pertanyaan tentang apa yang diinginkan oleh partisipan dalam sebuah hubungan. Lalu, survei kedua menanyakan tentang refleksi para partisipan tentang hubungan “Teman tapi Mesra” yang tengah mereka jalani saat ini. Hasilnya, setelah satu tahun, 28 persen partisipan ternyata masih menjalani hubungan yang sama.

Selain itu, 15 persen partisipan menjalani hubungan asmara yang lebih serius. Adapun 28 persen partisipan kembali menjadi teman dan 31 persen partisipan dilaporkan putus hubungan sama sekali dengan pasangan “Teman tapi Mesra”-nya tersebut.

Kesimpulan dari studi ini dirangkum dengan pernyataan bahwa hubungan kasual seperti “Teman tapi Mesra” acapkali gagal ketika mengalami perubahan yang lebih serius. Sebab, tidak semua orang mampu memisahkan antara intimasi dan cinta yang terjadi pada sebuah hubungan.

Selain itu, Anda perlu menyadari, hubungan “Teman tapi Mesra” akan menyakitkan apabila Anda adalah pihak yang mengharapkan hubungan yang lebih serius, sementara pasangan Anda tidak mengharapkan hal serupa. Kondisi inilah yang membuat Anda patah hati dan persahabatan jadi sarat konflik dan berantakan. Disarankan, jika Anda tengah menjalani hubungan TTM dan Anda mulai merasakan perasaan yang tidak dimiliki pasangan Anda, lebih baik akhiri saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com