Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini akibat Jarang Membersihkan Riasan pada Wajah Sebelum Tidur

Kompas.com - 07/04/2015, 16:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com -
Terkadang, di malam hari, para wanita lupa membersihkan riasan yang masih menempel di wajah akibat terlalu lelahnya beraktivitas. Sehingga, tidak jarang mereka tidur dalam keadaan riasan wajah yang masih menempel. Nah, jangan sampai Anda menjadikannya kebiasaan, karena hal ini dapat menimbulkan berbagai macam gangguan pada kulit.

"Regenerasi sel kulit terjadi delapan kali lebih cepat di malam hari. Saat waktu tidur tiba, tubuh akan mengaktifkan proses-proses detoksifikasi yang paling efektif," jelas Amandine Isnard, Kepala Divisi Pengembangan Produk Eve Lom.

Selanjutnya, Isnard mengungkapkan, apabila wajah tidak dibersihkan pada malam hari, maka proses regenerasi sel kulit dan detoksifikasi tersebut tidak akan terjadi. Akibatnya, sel-sel kulit tidak dapat meregenerasi dengan baik. Selain itu, tutur Isnard, ritual membersihkan wajah di malam hari juga dapat membantu Anda untuk memperoleh kualitas tidur yang lebih baik.

"Ketika Anda tidur, kulit Anda melakukan regenerasi. Jika Anda masih memiliki sisa-sisa riasan wajah yang menempel pada kulit Anda, maka serum-serum dan perawatan kulit khusus untuk malam hari yang Anda miliki tidak akan bekerja dengan efektif," ujar Petra Strand, pendiri dan kreator produk tata rias Pixi by Petra.

Menurut Joanna Vargas, pendiri Joanna Vargas Salon and Skincare Collection, Anda pun sebaiknya tidak asal membersihkan wajah. Vargas menyarankan Anda untuk menggunakan busa pembersih wajah yang bersifat lembut, khususnya yang mengandung vitamin C. Pasalnya, vitamin C membantu elastisitas kulit sekaligus melindungi kulit dari penuaan dini.

"Cara terbaik untuk menghapus tata rias adalah dengan meluangkan waktu ekstra untuk membersihkan bagian bulu mata yang sebelumnya ditutupi maskara. Sehingga, Anda memberikan cukup waktu bagi pembersih untuk mengurai formula kedap air yang terkandung pada maskara atau ketika riasan sulit dibersihkan," tutur Vargas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com