Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dianggap Kenakan Busana “Provokatif”, Seorang Siswi Dipulangkan oleh Sekolah

Kompas.com - 13/04/2015, 14:30 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Mirror


KOMPAS.com –-
Umumnya sekolah negeri di negara Barat tidak mewajibkan siswa dan siswi mengenakan seragam. Selama padu padan busana masih dalam kategori sopan, maka busana tersebut boleh dikenakan selama waktu sekolah.

Namun, hal yang terbilang cukup janggal terjadi pada seorang siswi asal Texas, Amerika Serikat, Macy Edgerly (18). Beberapa waktu lalu, Edgerly diminta untuk kembali pulang karena dinilai mengenakan busana yang seksi dan bisa mengganggu proses belajar mengajar.

Lucunya, busana Edgerly saat itu masih relatif wajar dan sopan. Edgerly mengenakan kemeja longgar berlengan panjang dan celana legging selutut.  Untuk ukuran remaja di era sekarang yang acap kali terlihat berbusana urakan serba terbukan, padanan busana Edgerly dikategorikan normal dan layak.

Namun, pihak sekolah tidak menilai sama. Mereka beranggapan bahwa pilihan busana Edgerly mendorong perilaku pelecehan seksual di lingkungan sekolah.

Kesal dianggap melanggar aturan, Edgerly pun mengadu pada sang kakak, Erica (21). Tanpa banyak bicara, Erica segera bertindak dengan memotret busana sang adik yang dianggap sensual lalu mengungguahnya pada akun Facebook pribadi Erica.

Alhasil, foto ini pun mengundang perhatian banyak pihak dan telah dishare sebanyak 80.000 kali.

Pada foto tersebut Erica menuliskan:

"Aku harus membela keluargaku, dan perempuan lain yang di hakimi sekaligus direndahkan karena tubuh dan busana keseharian mereka. Orang-orang pasti berpikir mengapa perempuan merasa tak nyaman dengan tubuh atau apa yang mereka kenakan.... Ini karena perempuan dikatakan menggenakan busana yang tak pantas, padahal busana mereka wajar dan tertutup, sama sekali . tidak menunjukan lekuk tubuh atau apapun. Ketimbang menyalahkan tubuh perempuan, sistem pengajaran sekolah harusnya mengajarkan remaja laki-laki usia 15-18 tahun untuk berhenti merendahkan perempuan dan berkontribusi untuk menghentikan budaya pelecehan seksual di masyarakat saat ini,".

Pihak sekolah Macy's school Orangefield Independent School District, akhirnya membuat pernyataan, "Meski pihak daerah tak dapat mengungkapkan rincian materi kedisiplinan atau pendidikan dari tiap siswa karena ada undang-undang rahasia federal dan negara. Kami ingin meyakinkan masyarakat bahwa pihak sekolah berusaha mempertahankan lingkungan belajar yang positif dan sukses bagi siswa kami. Bebas dari gangguan, termasuk tegas dalam mengatur kode berbusana siswa,".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mirror
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com