Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/04/2015, 20:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber askmen
KOMPAS.com - Bagi Anda dan pasangan yang sama-sama berkarier, terkadang sulit untuk menyeimbangkan pekerjaan dengan kehidupan pribadi. Bahkan, stres yang terjadi dalam keluarga kerap kali terjadi lantaran pengaruh dengan kehidupan karier Anda.

Nah, jangan sampai kehidupan cinta dengan pasangan atau suami terganggu karena pekerjaan Anda. Apa saja sebenarnya tanda-tanda gangguan yang timbul akibat pekerjaan?

Anda Tak Henti Mengeluh Soal Pekerjaan
Sebuah studi yang dipublikasikan pada Journal of Applied Psychology, para peneliti dari Michigan State University menemukan bahwa para karyawan yang rutin mengeluh cenderung lelah secara mental,defensif, dan kurang produktif. Kelelahan ini secara langsung akan mempengaruhi hubungan cinta Anda.

Anda Jarang Habiskan Waktu Bersama Pasangan
Tak peduli apakah Anda sudah lama menikah atau baru saja berpacaran, Anda sebaiknya jangan lupa untuk tetap menghabiskan waktu berdua bersama pasangan. Jika Anda menghabiskan banyak waktu untuk pekerjaan, tak jarang konflik akan terjadi.

Anda Tak Bisa Lepas dari Ponsel
Tidak menyenangkan rasanya bila kencan terganggu dengan ponsel yang terus berdering karena e-mail atau panggilan terkait pekerjaan. Sesekali, cobalah habiskan waktu berdua dengan pasangan tanpa harus mengecek ponsel, sehingga Anda benar-benar memiliki waktu berkualitas bersama.

Persaingan 
Jika Anda gila kerja, bisa jadi pasangan Anda pun gila kerja. Menurut studi yang dipublikasikan pada American Psychological Association's Journal of Personality and Social Psychology, hal ini dapat menimbulkan masalah, apalagi terkait dengan harga diri pasangan sebagai laki-laki.

Seharusnya, Anda berdua saling memahami tujuan karier masing-masing dan mendukung waktu yang Anda berdua habiskan untuk mencapainya. Namun, persaingan malah menimbulkan dominasi satu pihak. Untuk menghindari ini, sebaiknya Anda berdua saling berbincang untuk menemukan solusi yang sesuai.

Anda Berhenti Bercinta
Sebuah poling yang digelar oleh Mind menemukan bahwa 52 persen responden mengaku memiliki masalah tidur yang dipengaruhi stres di tempat kerja. Karena dalam pernikahan, tidur sering diasosiasikan dengan bercinta, maka stres dalam pekerjaan bisa mengurangi frekuensi bercinta.

Sebaiknya, mulailah merencanakan jadwal bercinta. Cobalah meluangkan waktu ditengah-tengah kesibukan Anda. Sebab, bercinta akan membuat Anda lebih bahagia dan memiliki energi untuk menjalani aktivitas Anda. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com