Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/04/2015, 17:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Dailymail

 

KOMPAS.com — Lupakan sejenak tentang tren fashion, gadget terbaru, atau ikut dalam kegiatan sekolah yang unik dan tidak pasaran. Sebuah penelitian baru saja menemukan rahasia dari anak yang populer di sekolah, yakni kemampuan untuk membaca pikiran. 

Berdasarkan studi dari Australia, disimpulkan bahwa anak-anak yang populer biasanya lebih mengetahui dan mengerti dari apa yang orang lain inginkan, pikirkan, dan rasakan. Nyatanya, kemampuan anak berempati menjadi salah satu keahlian penting dalam bergaul di masyarakat.

Penelitian ini melakukan peninjauan terhadap 20 penelitian sebelumnya dengan data 2.096 anak usia 10 tahun dari Benua Asia, Eropa, Australia, dan Amerika Utara. Penelitian berfokus pada kemampuan anak untuk berempati dengan kepopuleran mereka di sekolah.

Pada akhirnya, kemampuan anak untuk mencari tahu apa yang orang lain pikirkan dan rasakan disebut sebagai "teori dari pikiran". Anak-anak dengan kemampuan tersebut dapat membedakan sarkasme dan penghinaan pada temannya. Selain itu, ditemukan bahwa anak perempuan memiliki kemampuan empati yang lebih tinggi daripada laki-laki.

"Penemuan kami mengungkapkan bahwa melatih anak menjadi peka pada pikiran dan perasaan orang lain akan membantu mereka untuk menjalin hubungan dengan temannya," ujar Profesor Virginia Slaughther dari University of Quenssland.

Menurut dia, hal ini mungkin menjadi jawaban atas problem anak yang kurang dapat bergaul di sekolah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com