Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagu Justin Timberlake Bisa Redam Rasa Sedih Wanita?

Kompas.com - 18/04/2015, 22:00 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis


KOMPAS.com –
Jika lagu sedih hanya membuat perasaan dan hidup lebih terasa nestapa, mengapa sebagian wanita masih saja suka mendengarkannya?

Menurut sebuah studi di Tokyo University of the Arts dan RIKEN Brain Institute, lagu sedih bisa berdampak positif. Salah satunya meningkatkan kreativitas seseorang.

Untuk mendapatkan kesimpulan tersebut, para peneliti meminta 44 partisipan untuk menuliskan perasaan mereka setelah mendengarkan lagu sedih.

Sebagian partisipan merasa bertambah sedih, tetapi mereka yang menuliskan kata-kata inspiratif nan romantis, presentasenya lebih besar.

Kata-kata yang paling banya terlihat dari tulisan para partisipan tersebut adalah “melamun”, “nostalgia”, “sedih”, dan “terpesona”. Nah, ternyata empat kata itu, menurut peneliti, bisa membuat mereka yang tengah merasa sedih bangkit dari keterpurukan lebih cepat.

“Emosi yang diluapkan karena pengaruh lagu sedih tidak membahayakan si pendengar. Hal ini sangat berbeda jika rasa sedih itu disembunyikan dengan melakukan kegiatan harian secara biasa,” tulis hasilpenelitian.

Para partisipan yang terlibat mengaku tersentuh dengan alunan musik klasik, tetapi masih banyak lagu lain yang bisa menjadi “media” sementara untuk mengekspresikan kesedihan.

Salah satu lagu balada terfavorit  yang dipilih para partisipan adalah milik Justin Timberlake yang berjudul Cry Me a River.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com