Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/04/2015, 10:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com -- Sebuah penelitian terbaru mengingatkan para orang tua, khususnya yang bekerja untuk tak lupa mengajarkan si kecil kekuatan pengendalian diri.  Pasalnya, keuntungan dari kontrol diri pada anak bukan hanya berguna dalam waktu jangka pendek, melainkan juga untuk jangka panjang ketika mereka sudah bekerja nanti.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Psychological Science ini, menggunakan data dari dua studi yang mencakup lebih dari 15.000 anak di Inggris. Fokus penelitian ini mengaitkan kemampuan anak untuk mengontrol diri saat dewasa. Kontrol diri pada anak, diukur ketika anak berusia tujuh tahun berdasarkan analisis kecerdasan, kemampuan sosial, latar belakang keluarga, serta faktor kesehatan.

Hasilnya, anak yang tak memiliki kontrol diri yang baik, akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan, khususnya saat masa resesi ekonomi. Hal ini dapat dihubungkan dengan faktor tingkat stres yang tinggi saat ada masalah dalam karier. Selain itu, dihubungkan pula, pada kebiasaan masa kecil yang buruk sedari kecil, yakni manajemen waktu yang buruk, dan pola tidur yang rusak.

Michael Daly, penulis penelitian dari University of Stirling di Skotlandia mengatakan, "Aktivitas di sekolah seperti yoga, seni bela diri, atau meditasi semuanya menunjukan dapat membantu anak untuk mengontrol diri lebih baik, yang nantinya akan memberi manfaat jangka panjang untuk masyarakat,"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com