Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/04/2015, 13:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Kencan pertama biasanya menjadi ajang bagi pria maupun wanita untuk menunjukkan kualitas dan sisi baik yang dimiliki. Oleh sebab itu, tidak jarang mereka benar-benar mempersiapkan diri agar dapat memberikan kesan yang positif dan hubungan dapat berlanjut. 

Akan tetapi, terkadang membatasi sikap saat kencan pertama malah menciptakan kesan yang buruk. Mengutip situs Stylecaster, berikut lima hal yang baiknya jangan dilakukan pada saat kencan pertama.

1. Sengaja Datang Terlambat
Pada kencan pertama, Anda akan menciptakan kesan yang sangat kuat jika Anda datang tepat waktu. Akan tetapi, Anda pastinya tidak ingin pasangan datang terlambat bukan? Kalau Anda tidak ingin menunggu, maka Anda juga jangan sengaja datang terlambat. Persiapkan diri Anda sebaik mungkin dan buatlah perkiraan waktu persiapan Anda.

2. Mengenakan Busana Berlebihan 
Kencan pertama bukanlah ajang untuk tampil dengan sepatu tumit tinggi atau stiletto maupun busana-busana yang terlalu pendek dan ketat. Mengapa? Biasanya kencan pertama akan penuh dengan kecemasan dan kekhawatiran. Mengenakan busana yang tidak nyaman malah akan membuat keadaan bertambah buruk. 

Selain itu, Anda juga pasti tidak ingin merasa kerepotan dan merusak hari indah bersama calon pasangan lantaran sepatu yang terlalu tinggi, bukan? Oleh sebab itu, sebaiknya kenakan busana yang membuat Anda nyaman dan pastinya membuat tenang.

3. Sibuk dengan Gadget 
Hal ini sepertinya sulit untuk ditinggalkan. Namun, asal tahu saja, bolak-balik mengecek ponsel Anda bisa membuat keadaan jadi kacau. Sangat tidak sopan ketika Anda tengah berbincang secara langsung dengan seseorang, tapi Anda malah sibuk menatap layar ponsel. Anda pun tidak menginginkan pasangan melakukan hal serupa, bukan? 

Ada baiknya Anda sejenak menyimpan ponsel Anda di dalam tas saat tengah berkencan bersama pasangan. Jangan merespon setiap dering, getaran, atau notifikasi pesan singkat yang masuk ke dalam ponsel Anda. Sebaiknya Anda pun tidak mengunggah status di media sosial, berkicau di Twitter, atau mengunggah foto apapun di Instagram. 

4. Memilih untuk Tidak Makan 
Bagi kaum pria, tidak ada yang lebih klise dibandingkan wanita yang enggan menyantap sesuatu saat kencan. Jika Anda berpikir bahwa tidak memesan atau menyantap makanan apapun saat kencan akan membuat Anda lebih langsing, seksi, feminin, atau bahkan misterius, Anda salah. Kemungkinan malah calon pasangan enggan mengajak berkencan lagi. 

5. Mengumbar Terlalu Banyak Informasi
Berbagi detail-detail yang bersifat pribadi tentang kehidupan Anda kepada orang yang belum Anda percaya bukanlah ide yang bagus. Nah, ada baiknya Anda tidak mengungkapkan terlalu banyak informasi tentang kehidupan Anda pada kencan pertama. Ceritakan informasi secukupnya saja dan simpan informasi lainnya untuk pertemuan-pertemuan berikutnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com