Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/04/2015, 15:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Tren foto diri atau selfie membuat banyak warga dunia kerajingan. Para selebriti papan atas dunia pun tidak malu-malu memperlihatkan kegemaran mereka akan selfie yang diunggah ke akun media sosial. Ajang penghargaan dan festival film pun kerap kali dijadikan sebagai ajang selfie bagi mereka. 

Namun, ada peraturan baru yang diberlakukan di karpet merah Festival Film Cannes yang termasyhur. Larangan ini bukan menyangkut busana apa yang harus dikenakan oleh para selebriti, melainkan terkait kebiasaan selfie mereka. Ya, direktur festival film di Perancis tersebut telah memberlakukan larangan selfie bagi para selebriti yang berjalan di karpet merah.

"Kami tengah melaksanakan kampanye untuk mengurangi praktik selfie di atas karpet merah dan di jalan akses menuju area festival film ini. Menurut kami, selfie adalah praktik yang seringkali menunjukkan sikap konyol dan sama sekali tidak masuk akal," ujar Thierry Fremaux, direktur Festival Film Cannes.

Menurut Fremaux, pada dasarnya pihak Festival Film Cannes tidak melarang para selebriti melakukan selfie saat melintas karpet merah. Namun, perlu disadari, bahwa pihaknya memiliki pengaturan waktu yang harus ditepati. Fremaux juga menambahkan, banyak orang yang harus berjalan melintasi karpet merah dan praktik selfie jelas mengganggu kelancaran mobilisasi orang banyak karena memperlambat waktu saat ada yang melakukan selfie.

Pernyataan Pierre Lescure selaku presiden Festival Film Cannes juga senada dengan pernyataan Fremaux. "Acara karpet merah (Festival Film Cannes) ditayangkan di seluruh dunia dan kami melihat banyak orang berpenampilan begitu memesona. Dan sejujurnya, Anda tidak pernah seburuk ketika melakukan selfie," ujar Lescure. 

Bagi para selebriti yang tidak tahan untuk tidak melakukan selfie, Fremaux menyatakan, pihaknya tidak akan menempatkan "polisi patroli selfie" di sepanjang karpet merah untuk melarang selebriti melakukan selfie. "Sayangnya, kami tidak akan menempatkan polisi," sebutnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com