Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Mengakali Busana yang Pas untuk Calon Mempelai Pria?

Kompas.com - 20/04/2015, 16:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Tidak hanya para calon mempelai wanita yang ingin tampil memesona di hari pernikahannya. Para calon mempelai pria pun pasti ingin tampil mengagumkan di hari spesial tersebut. Oleh karena itu, busana calon mempelai pria  merupakan salah satu aspek yang tidak boleh luput dalam persiapan pesta pernikahan. 

Para mempelai pria seringkali memilih untuk mengenakan setelan jas atau tuksedo pada pesta pernikahan. Akan tetapi, bentuk tubuh mereka kadang membuat jas atau tuksedo jadi sulit untuk dikenakan. Tidak hanya itu, kekurangan fisik yang tidak terlalu disadari pun juga kadang membuat jas atau tuksedo terlihat kurang sesuai. 

"Memang betul, tidak semua pengantin badannya proporsional. Tidak hanya gemuk, ada juga genetik orang yang pundaknya miring sebelah atau tangannya panjang sebelah," ujar Lawrence DS, perancang busana dari rumah mode DOUBLE 'L' UOMO pada konferensi pers Infinite Wedding Moments di Hotel JW Marriott, Jumat (17/4/2015) malam. 

Untuk menutupi berbagai kekurangan fisik yang dimiliki oleh para calon mempelai pria, kata Lawrence, maka perancang busana harus menyiasati agar jas atau tuksedo yang dikenakan dapat membuat sang calon pengantin tampil sempurna. Untuk kasus pundak yang miring sebelah tersebut misalnya, lanjut dia, maka akan ditambahkan padding pada bagian pundak jas atau tuksedo. 

Dalam pameran pernikahan Infinite Wedding Moments, Lawrence menghadirkan 24 koleksi jas dan tuksedo untuk para calon mempelai pria. Lawrence menampilkan jas dan tuksedo dengan potongan slim fit dan detail berupa aksen pada kerah. Adapun jas dan celana dibuat dengan bahan mengilap berwarna dasar biru, hitam, dan cokelat untuk menonjolkan kesan modern pada desain yang klasik.

"Calon pengantin pria memang perlu tampil beda. Saya menampilkan bahan-bahan yang shiny dengan warna basic, seperti dark grey, dark blue, dan hitam. Jika tidak tertarik dengan kesan yang mencolok, kita bisa buatkan secara khusus," jelas Lawrence.

Beberapa calon mempelai pria, ujarnya, juga kerap kali meminta jas atau tuksedo yang menampilkan motif garis vertikal halus. Menurut Lawrence, motif jas yang menampilkan garis vertikal halus juga dapat dikenakan untuk menutupi kekurangan fisik seorang pria. "Untuk yang memiliki perut gemuk bisa pakai bahan yang bermotif garis, seolah kesannya jadi lebih panjang," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com