Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/04/2015, 14:15 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com –-Teknologi dan inovasi di ranah kecantikan memberikan rangkaian kemudahan bagi wanita untuk menjaga kecantikan. Salah satunya adalah dalam merawat dan membentuk alis mata.

Namun, meskipun sudah banyak perawatan untuk alis mata yang bebas rasa perih dan sakit, banyak wanita yang tetap gemar membentuk alis dengan pinset. Cara ini terbilang berisiko tinggi karena berpotensi meninggalkan luka serta sakit di sekitar wajah.

Untuk itu, sebelum kembali mencabut alis,  Anda sebaiknya mengetahui dampaknya bila tidak dilakukan dengan hati-hati. Pertama, Anda bisa luka. "Jika Anda mencabutnya terlalu agresif, maka akar rambut akan rusak. Dalam beberapa kasus, kondisi ini dapat menyebabkan luka yang tidak memungkinkan rambut tumbuh kembali," ujar Dr Deanne Robinson, instruktur dermatologi klinis dari Yale University, Amerika Serikat.

Oleh sebab itu, Dr Robinson menyarankan agar Anda meminimalisir terjadinya luka dengan mengaplikasikan sedikit krim seperti misalnya vaselin pada alis Anda sebelum mencabut alis. Selain itu, sebut Dr Robinson, cabutlah alis dengan lembut.

Kedua, Anda bisa menderita infeksi. Menurut Dr Jungho Kwon, staf dermatologi senior di Henry Ford Health System di Detroit, Michigan, Amerika Serikat, mencabut alis akan menyebabkan trauma pada kulit. Jadi, tidak bisa dimungkiri Anda akan merasakan iritasi, noda kemerahan, bengkak, dan tidak jarang pula bulu akan tumbuh ke dalam hingga munculnya infeksi.

"Untuk menghindari infeksi, sterilkan pinset dengan mencucinya menggunakan air hangat dan sabun. Anda juga bisa menggosoknya dengan alkohol. Selain itu, cabutlah alis menurut arah tumbuhnya bulu untuk menghindari bulu yang tumbuh ke dalam," ungkap Dr Kwon.

Hati-hati juga, sebab mencabut alis dapat mengubah warna kulit. Siapa sangka, kebiasaan mencabut alis dapat membakar kulit. Meski tidak sepenuhnya berubah warna, area yang terdampak biasanya akan menjadi lebih terang atau gelap. Oleh sebab itu, gunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi dapat membantu menghilangkan perubahan warna ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com