Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/04/2015, 14:16 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com -- Tidak ada salahnya memiliki dua atau tiga orang anak, seperti yang banyak terjadi pada orangtua di masa kini. Namun, para orangtua sebaiknya memperhatikan jarak kelahiran buah hati agar tidak terlalu berdekatan, misalnya hanya satu setengah tahun. Mengapa demikian?


Pada dasarnya adalah hak prerogatif bagi setiap wanita untuk memutuskan kapan akan mengandung. Banyak contoh yang menunjukkan bahwa tidak ada efek negatif memiliki anak dengan jarak kelahiran yang berdekatan. Kate Middleton, istri Pangeran William dari Inggris misalnya, kembali mengandung dengan jarak 18 bulan dari kelahiran Pangeran George, anak pertamanya.

Namun, sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengandung dengan jarak yang terlalu dekat  kurang ideal bagi ibu maupun anak. Para ahli meyakini bahwa sebaiknya memberikan waktu pemulihan bagi tubuh ibu setelah mengandung dan melahirkan anak.

Di samping itu, beberapa riset menyatakan bahwa wanita yang kembali mengandung kurang dari 18 bulan setelah melahirkan cenderung akan melahirkan secara prematur. Adapun mengandung saat 12 bulan setelah melahirkan diasosiasikan dengan risiko komplikasi yang lebih tinggi.

Di Amerika Serikat misalnya, berdasarkan studi terbaru yang digelar Centers for Disease Control and Prevention (CDC), banyak wanita Amerika yang mengandung dengan jarak yang terlalu dekat dengan anak sebelumnya. Laporan ini berdasarkan data akta kelahiran di 26 negara bagian termasuk District of Columbia pada tahun 2011.

Data tersebut mengungkapkan bahwa 30 persen wanita kembali mengandung dengan jarak 18 bulan. Data ini mewakili 83 persen angka kelahiran bayi di Amerika Serikat pada tahun tersebut. Laporan CDC menyimpulkan bahwa diperlukan studi lanjutan untuk mempelajari interval kelahiran.

Intinya, pastikan kesehatan Anda mendukung untuk dapat kembali mengandung dan melahirkan. Jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan terkait kondisi kesehatan Anda. Lalu, yang lebih penting lagi, rencanakan kehamilan Anda dengan matang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com