Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Faktanya, Pria Lebih Suka Berkelompok Ketimbang Wanita

Kompas.com - 25/04/2015, 18:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber elle.com

KOMPAS.com - Selama ini wanita lebih diidentikkan sebagai jender yang lebih suka berkumpul bersama teman-teman terdekatnya. Beberapa layar Hollywood bahkan terinspirasi untuk mengangkat persahabatan sekelompok wanita, seperti film seri Sex and the City atau Devious Maids.

Padahal menurut penelitian, jender yang senang berkelompok justru bukanlah wanita, melainkan pria. Penelitian dari University of Oxford menyatakan, bahwa para pria cenderung menjalin persahabatan secara berkelompok. Sedangkan wanita cenderung senang menjalin persahabatan dengan temannya secara perorangan.

Hal tersebut dibuktikan lewat 112.000 foto profil Facebook orang dewasa dari berbagai belahan dunia. Para peneliti mengamati foto profil tersebut untuk melihat tanda apa yang menjadi nilai-nilai yang dianut oleh seseorang.

Hasilnya, kebanyakan foto profil yang menampilkan foto berkelompok adalah pria. Wanita kebanyakan menampilkan foto profil dengan kelompok yang lebih kecil, atau dengan satu orang.

Para peneliti menyebutkan, hal tersebut terjadi karena proses evolusi. Pada penelitian yang dipublikasi di jurnal PLOS One, menjelaskan, sedari dahulu kala, saat manusia purba tinggal di dalam gua, para pria cenderung bergabung dalam sebuah kelompok untuk melawan suku lain. Sedangkan wanita pada era tersebut, justru biasa menikah dengan suku lain, tanpa mengenal satu orangpun dalam kelompok tersebut. Hingga akhirnya, sang wanita menjalin persahabatan dengan seorang wanita lain yang menjadi seperti saudara kandung sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber elle.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com