Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/04/2015, 19:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS.com --
Tidur tanpa busana ternyata memiliki begitu banyak manfaat bagi fisik maupun mental Anda. Berikut manfaat dari tidur tanpa menggenakan busana, sesuai yang dilansir dari situs cosmopolitan.co.uk.

1. Mengurangi kadar stres
Berdasarkan kajian dari Huffington Post, tidur tanpa busana dapat mengurangi kadar kortisol yang merupakan hormon stres. Produksi kortisol akan kian meningkat saat Anda merasa tertekan. Sementara itu, tingkat terendah produksi kortisol adalah pukul 10 malam sampai 2 dini hari, yakni saat tidur malam. Tidur tanpa mengenakan satu helai busana bisa membuat Anda merasa lebih bebas dan tanpa batasan.

2. Bermanfaat bagi alat vital
Celana dalam yang terlalu ketat dan lembab merupakan sarang berkembang biak jamur dan bakteri. Jika dibiarkan bisa menyebabkan kulit bersisik, kasar, dan ruam. Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk memberikan udara bagi alat vital dengan tidur telanjang, lakukanlah setidaknya 3 kali dalam seminggu.

3. Tidur menjadi lebih nyenyak
Saat tidur, suhu tubuh akan mengikuti siklus biologis secara alami. Namun, saat menggenakan busana, siklus tersebut bisa terganggu dan membuat  perubahan pada suhu tubuh. Alhasil, tidur pun jadi tak nyenyak.

4. Awet muda
Suhu tubuh yang terlalu hangat di malam hari, bisa menganggu proses pelepasan melantonin dan hormon anti penuaan pada tubuh. Nah, tidur tanpa busana justru melancarkan pelepasan melatonin pada sel-sel kulit Anda sehingga proses regenerasi berlangsung lancar.

5. Mempererat hubungan
Jika Anda tidur bersama pasangan, tak mengenakan busana saat tidur akan menambah keintiman karena sentuhan kulit secara langsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com