Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/04/2015, 19:30 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Dailymail


KOMPAS.com — Saat seorang anggota keluarga yang merupakan seoarang pria sejati tiba-tiba memutuskan untuk hidup sebagai wanita, apa yang akan Anda lakukan? Hal ini terjadi pada keluarga paling populer di Amerika Serikat, yaitu Kardashians!

Bruce Jenner (65), yang merupakan mantan suami Kris, sekaligus ayah tiri Kim, Kourtney, Khloe, dan Rob Kardashian, beberapa waktu lalu resmi mengumumkan kepada publik bahwa sekarang dirinya adalah seorang wanita.

Perlu Anda ketahui bahwa pernikahan Bruce dan Kris yang kandas setelah 25 tahun berumah tangga telah menghasilkan dua orang anak perempuan, Kendall dan Kylie Jenner.

Dalam sesi wawancara dengan stasiun televisi ABC, kepada sang presenter dan jurnalis, Diane Sawyer, Bruce mengonfirmasi bahwa dia telah melakukan transisi jender menjadi wanita.

"Ya, aku adalah seorang wanita," ungkap Bruce.

Tak ayal, pernyataan Bruce ini pun serentak menjadi tajuk berita paling heboh di Amerika Serikat. Sebab, Bruce merupakan salah satu mantan atlet berprestasi yang telah mengharumkan nama AS pada dasalomba di Olimpiade Montreal 1978 silam. Seperti kita ketahui, di mata publik, seorang atlet pria dianggap sebagai sosok maskulin dan gagah. Jadi, ketika Bruce menyatakan telah berganti jender menjadi wanita, masyarakat Amerika dibuat terpana luar biasa.

Pro dan kontra pun hilir mudik dilontarkan publik, terutama di ranah maya, baik lewat linimasa Twitter maupun media sosial Facebook, dan lainnya.

Lalu, bagaimana dengan keluarga Kardashian sendiri? Ternyata, mereka memberikan dukungan dan kasih sayang kepada Bruce atas keberanian dalam mengekspresikan pilihannya secara terbuka.

Hal ini dibuktikan dengan sejumlah status Twitter yang dituliskan oleh Kim bersaudara.

"Tak hanya menyebutnya sebagai suamiku selama 25 tahun dan ayah dari anak-anakku, sekarang aku menganggapnya sebagai pahlawanku," tulis sang mantan istri, Kris.

"Cinta adalah dorongan dari hidup dengan jujur, bentuk terbaik dari dirimu sendiri. Bruce adalah cinta. Aku mencintaimu Bruce. #ProudDaughter," tulis Kim.

"Aku sangat bangga menjadi putrinya. Dengan dorongan dan keberanian, mari kita mengubah dunia. Aku merasa terhormat berada di sisi Bruce dan mendukung dirinya," ujar Kourtney dalam akun Twitter resminya.

"Baru saja selesai menonton #BruceJennerInterview dengan Diane Sawyer. Aku sungguh bangga kepadamu! Ayahku adalah pahlawan yang sesungguhnya," urai Khloe.

Selanjutnya, dua putri kandung Bruce dan Kris juga tak ketinggalan menuliskan rasa haru dan cinta mereka kepada sang ayah.

"Aku sangat mencintaimu. Aku bangga kepadamu," tulis Kendall.

"Mengertilah, ini sangat berat bagiku. Kamu akan mendengarnya saat aku mengatakan aku siap. Tetapi, ini semua bukan tentang diriku. Aku sangat bangga denganmu, ayah. Kau sungguh berani. Pahlawanku yang cantik," tulis si bungsu Kylie.

Pada wawancara tersebut, Bruce mengatakan bahwa Kim adalah anak tirinya yang paling mendukung keputusannya tersebut. Sementara itu, awalnya Khloe menentang pilihannya ini. "Khloe sangat emosional. Dia mengalami masa sulit dengan ini. Sebab, dia telah mengalami banyak kehilangan dalam hidupnya," ujar Bruce.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com