Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Jepang Telah Tercipta Robot untuk Keramas Rambut

Kompas.com - 27/04/2015, 11:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS.com —
 Wanita aktif yang berkarier dan banyak melakukan aktivitas di luar rumah pasti pernah mengalami malas mandi saat sampai di rumah. Jangankan untuk mencuci rambut, membersihkan riasan wajah rasanya berat sekali. Alhasil, tak sedikit wanita yang memilih untuk keramas di salon.

Paham akan kendala yang sering dihadapi para wanita tersebut, sebuah perusahaan asal Jepang, Panasonic, menciptakan sebuah robot yang berfungsi untuk mencuci rambut.

Robot ini menggabungkan kursi pijat dengan mesin pencuci mobil. Jadi, robot ini bekerja dengan dua tahap. Pertama, air akan disiram ke kulit kepala, kemudian disusul dengan sampo.

Robot ini memiliki 24 fitur yang berfungsi layaknya jari manusia untuk memijat kepala setelah diusapkan sampo. Tak hanya itu, bagian leher pun tak luput dari pijatan jemari robot.

Seusai proses pencucian rambut, robot akan membilas dengan semprotan air otomatis.  Terakhir, mesin ini mengeringkan rambut sampai setengah kering.

Selain itu, teknologi baru ini menawarkan tingkat kenyamanan yang serupa, seperti melakukan keramas di salon.

Diketahui, robot ini awalnya diciptakan untuk membantu kegiatan di panti jompo, memudahkan para manula untuk mencuci rambut. Di Jepang, robot ini mulai digunakan pada salah satu salon pangkas rambut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com