Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/04/2015, 17:58 WIB
Sri Noviyanti

Penulis

KOMPAS.com – Belum memadainya sistem transportasi publik di Indonesia, khususnya Jakarta, menjadikan banyak orang lebih memilih jasa layanan taksi sebagai moda trasnportasinya. Selain lebih nyaman, jenis transportasi publik yang satu ini juga dinilai lebih aman.

Tapi, sayangnya, tingginya tingkat kriminalitas di Jakarta saat ini tak dapat dihindari. Berita miring mengenai kejahatan yang terjadi di dalam taksi akhir-akhir ini lambat laun membuat kepercayaan penggunanya menurun.

Ya, taksi yang dulu dipilih karena terjamin keamanannya, pelan-pelan mulai diragukan. Sama seperti menggunakan moda trasnportasi lainnya, pengguna taksi kerap dilanda kekhawatiran.

Memang, selalu berhati-hati sangat dianjurkan, tapi jangan sampai merasa khawatir terlalu berlebihan. Sebagai saran, jika ingin tetap aman saat menggunakan jasa layanan taksi, simak tips berikut ini.

Perhatikan identitas pengemudi
Identitas pengemudi taksi biasanya berada pada dashboard sebelah kiri. Perhatikan identitasnya yang berisi nama, Nomor Induk Pengemudi (NIP), serta nomor taksi. Bila perlu, catat saja dalam ponsel Anda.

Tak ada orang lain selain pengemudi
Langkah kedua, pastikan bahwa di dalam taksi yang Anda pesan hanya ada pengemudi. Perhatikan bagian depan taksi, apakah posisi kursinya dalam keadaan normal.

Agar lebih aman, cek juga bagasi taksi. Dalam beberapa kejadian, bagasi biasanya dijadikan tempat bersembunyi bagi pelaku tindak kriminal.

Ajak teman
Mengajak teman ketika memakai jasa layanan taksi bisa meminimalisir kecemasan saat berada dalam perjalanan. Apalagi, bila Anda sedang dalam kondisi yang tidak begitu tanggap, misalnya mengantuk, terutama pada malam hari.

Jangan berbagi taksi dengan orang tidak dikenal
Jangan mudah percaya dengan orang yang tidak dkenal. Bila dalam perjalanan atau saat mendapatkan taksi ada orang yang meminta atau menawarkan berbagi, tolak saja dengan sopan.

Ya, Anda tidak perlu merasa iba dengannya. Bila tidak diburu waktu, berikan saja taksi tersebut padanya terlebih dahulu.

Posisi duduk
Langkah berikutnya adalah memperhatikan posisi duduk atau kursi yang dipilih. Duduklah pada sisi yang berlawanan dengan pengemudi. Ini perlu dilakukan agar Anda bisa memperhatikan gerak-geriknya.

Gunakan Argo
Saat menggunakan jasa layanan taksi, pastikan argo taksi dijalankan saat Anda memulai perjalanan. Tolak pengemudi yang melakukan tawar-menawar tarif atau menerapkan tarif tanpa argo.

Manfaatkan teknologi
Pemanfaaan teknologi dapat digunakan saat Anda menggunakan jasa layanan taksi. Di kota-kota besar seperti Jakarta, banyak orang yang menggunakan aplikasi jasa pesanan taksi seperti GrabTaxi.

Dalam aplikasi tersebut ada fitur Share my Ride yang bisa digunakan untuk membagikan informasi taksi dan pengemudi pada teman atau keluarga. Selain lebih mudah, aplikasi ini dianggap lebih aman dan terpercaya karena tracking taksi dapat terbaca.

Shutterstock Pemanfaaan teknologi dapat digunakan saat Anda menggunakan jasa layanan taksi.

Pastikan ponsel selalu stand-by
Saat berada dalam taksi, pastikan ponsel Anda menyala dan memiliki cukup baterai. Ponsel akan sangat berguna saat Anda memerlukan panggilan darurat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com