Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Perilaku Suami yang Membuat Istri Tidak Nyaman

Kompas.com - 27/04/2015, 20:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com — Dalam pernikahan, baik Anda maupun suami perlu untuk dapat saling memahami satu sama lain. Tujuannya sederhana, yaitu untuk membina hubungan yang harmonis dan meminimalisasi konflik. Namun, sadar atau tidak, ada beberapa perilaku atau kebiasaan suami yang malah membuat istri tidak nyaman secara fisik maupun psikis. Berikut adalah lima faktor yang kerap dijumpai, dikutip dari situs Good Housekeeping:

1. Dengkuran
Banyak penelitian telah menemukan bahwa tidur bersama orang yang mendengkur dapat mengganggu kesehatan. Satu penelitian menemukan bahwa orang yang tidur dengan pasangan pendengkur terganggu pendengarannya setelah 15 tahun mengalaminya secara terus-menerus.

Ada beberapa penelitian lain yang juga menemukan bahwa kualitas hidup akan membaik secara drastis ketika masalah dengkuran ditangani, baik dengan menemui dokter maupun berinvestasi pada alat sumbat telinga berkualitas.

2. Kumis dan jenggot
Kumis dan jenggot kerap dinilai menjadi simbol kejantanan kaum pria, tetapi ternyata bulu-bulu pada wajah ini dapat tidak sepenuhnya higienis. Para ahli menyatakan, bulu pada wajah lebih kasar ketimbang rambut normal. Artinya, bulu ini dapat menjebak kuman yang ada di mulut dan hidung pria. Jika suami Anda menyentuh jenggotnya dengan tangan kotor, kuman akan berpotensi berkumpul di sekitar wajahnya.

Kondisi ini akan menimbulkan gangguan kesehatan tidak hanya terhadap dia, tetapi juga pada Anda. Oleh sebab itu, pastikan suami rutin membersihkan wajahnya dan mencukur kumis atau jenggot.

3. Bertengkar
Hubungan percintaan hingga pernikahan yang penuh dengan stres akan menimbulkan rasa sakit, baik emosi maupun fisik. Para peneliti dari Ohio State University, Amerika Serikat, menemukan bahwa pasangan yang memiliki masalah dalam komunikasi membutuhkan waktu lebih lama untuk menyembuhkan luka fisik ketimbang pasangan yang memiliki pola komunikasi normal.

Apa sebabnya? Hormon oksitosin atau yang biasa disebut hormon cinta membantu melindungi tubuh Anda. Semakin Anda bahagia, semakin cepat pemulihan Anda.

4. Bercinta
Ada beberapa wanita yang alergi secara fisik terhadap seks. Mereka mengalami alergi terhadap protein seminal atau alergi terhadap sperma yang menimbulkan gatal, luka seperti terbakar, dan rasa nyeri ketika berinteraksi dengan sperma sang suami. Menurut ABC News, kondisi ini menyerang 40.000 orang wanita di Amerika Serikat saja. Untuk mengatasinya, dokter biasanya akan menginjeksikan protein ke dalam tubuh.

5. Suami membuat istri gemuk
Studi yang dilakukan para ahli dari Southern Methodist University menemukan bahwa orang yang memiliki pernikahan bahagia lebih mudah untuk naik berat badannya. Para peneliti memandang bahwa ketika Anda tak memiliki pasangan, Anda lebih fokus untuk menjaga tubuh agar menarik bagi lawan jenis. Namun, ketika Anda sudah menikah, Anda tidak melakukan hal demikian. Ini akan menyebabkan beragam gangguan kesehatan jika tidak dikontrol dengan baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com