Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sikap Anak Berikut Berpengaruh pada Performa Ujian

Kompas.com - 29/04/2015, 11:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Dailymail

 

Sebuah survei yang dilakukan para akademis di Lancashire's Edge Hill University dan University of South Australia, menemukan adanya hubungan langsung antara kegelisahan dengan perfoma anak. Penelitian yang telah dipublikasikan di British Journal of Educational Psychology ini, memberi pertanyaan lewat sebuah survei yang dilakukan kepada 705 anak dari 11 sekolah berbeda, dimana mereka masih menjadi siswa sekolah tersebut.

Peneliti Dr Dave Putwain, Reader in Education di Edge Hill University mengatakan, "Sudah pasti bahwa tingkat kekhawatiran yang tinggi dari satu ujian, akan berkonsekuensi terhadap performa ujian tersebut, yang akhirnya akan berefek terhadap hasil ujian," ujar Dr Putwain.

Lebih lanjutnya lagi ia mengatakan, "Penelitian kami, yang dilakukan untuk pencapaian sebelum ujian dan bagaimana siswa mengatasi tekanan saat ujian berlangsung, menemukan bahwa kenaikan tingkat kekhawatiran dapat berakibat pada tingkat prestasi yang lebih rendah."

Maka tak ada salahnya sebagai orang tua, bukan hanya bekal pembelajaran saja yang diberikan pada anak. Namun juga pemberian motivasi dan semangat sebelum anak menempuh ujian yang harus dilaluinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com