Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Lalui Ujian Sekolah dengan Baik untuk Anda dan Buah Hati

Kompas.com - 29/04/2015, 13:10 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Dailymail


KOMPAS.com — Menghadapi musim ujian sekolah tak hanya membuat anak tertekan. Banyak orangtua yang juga merasa terbebani dengan musim ujian sekolah dan kadang berakhir cekcok dengan sang anak. 

Tips dari Michael Ribton berikut yang menjabat sebagai kepala sekolah di Burlington Danes Academy, West London, Inggris, bisa diterapkan bagi Anda dan buah hati jelang ujian sekolah.

Tips untuk anak

1. Tempel jadwal belajar di dinding
Ribton mengatakan, penting bagi anak untuk mengatur jadwal belajarnya dan melakukan apa yang telah diatur oleh dirinya sendiri. Orangtua juga dapat mengontrol kegiatan anak lewat jadwal ini. Kalau perlu, tempelkan jadwal belajar di depan pintu kulkas agar dapat dilihat dengan jelas.

2. Cari tempat yang tenang, jauhi internet
"Anak-anak perlu tempat tenang yang bebas gangguan, termasuk dari fasilitas internet. Meski internet banyak memberikan materi pembelajaran dukungan, sebenarnya tak sedikit juga gangguan yang diberikan," ujar Ribton.

3. Jangan takut menggunakan media belajar baru
Ribton menyarankan agar anak mencoba media belajar baru. Misalnya saja, catatan kecil di atas post it  berwarna cerah atau kartu belajar (flashcards) dengan warna-warna terang.

Tips untuk orangtua

1. Ikut terlibat
Cobalah untuk mengontrol jadwal belajar anak dan menawarkan bantuan kepada Anda. Misalnya, membantu dengan menjawab soal atau pertanyaan apa pun yang diminta anak.

2. Jangan menyuap anak dengan hadiah
Hadiah terbaik menurut Ribton adalah pendidikan itu sendiri. Jadi, hindari untuk memberi iming-iming berlebihan.

3. Berikan anak makanan sehat dan ajak berolahraga
Jangan lupa menyediakan anak makan pagi yang sehat karena hal tersebut dapat meningkatkan performa belajar mereka. Saat akhir pekan, Ribton juga mengimbau orangtua untuk sesekali mengajak anaknya berolahraga.

4. Jadilah orangtua positif
Orangtua tentunya berekspektasi tinggi terhadap nilai anak mereka. Namun, ketahuilah bahwa anak juga mengalami stres saat menjelang ujian. Maka dari itu, penting menjadi orangtua yang postif dan sigap membantu anak.

Penelitian juga mengatakan bahwa anak yang memiliki tingkat khawatir tinggi berakhir pada performa ujian yang buruk. Jadi, hindari memberi banyak tekanan pada anak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com