Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Kenakan Sepatu Tumit Tinggi Bisa Ganggu Orgasme

Kompas.com - 01/05/2015, 20:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Bercinta merupakan salah satu unsur penting dalam keharmonisan pernikahan. Namun, tanpa sadar, beberapa hal yang biasa Anda lakukan dalam aktivitas sehari-hari, ternyata dapat mengganggu orgasme saat bercinta. Apa sajakah?

Pertama, Anda sering mengenakan sepatu tumit tinggi atau high heels. Menurut Eden Fromberg DO dari SoHo OBGYN di New York City, Amerika Serikat, menggunakan sepatu tumit tinggi ataupun stiletto dalam kurun waktu yang lama memiliki efek merugikan sekaligus deformasi terhadap dasar panggul Anda.

Selain itu, otot psoas Anda pun akan terkena dampak mengenakan sepatu tumit tinggi. Informasi saja, otot tersebut terhubung dengan otot dan saraf yang menuju pada dasar panggul, alat kelamin dan organ tubuh lainnya.

"Ketika otot-otot psoas Anda saling rekat dan tegang karena penggunaan sepatu tumit tinggi dalam waktu lama, maka otot itu tidak bisa mentransmisi pesan gairah yang sangat penting untuk orgasme. Intinya, bila otot tersebut tidak pada bentuk yang seharusnya, maka orgasme akan terganggu," jelas Dr Fromberg.

Kebiasaan lain yang mengganggu orgasme adalah duduk terlalu lama. "Akibatnya, otot panggul akan memendek yang berdampak pada nyeri panggul dan akhirnya Anda akan kesulitan untuk mencapai kepuasan bercinta," ungkap Kat Van Kirk PhD, seorang terapis seks dan pernikahan.

Van Kirk menjelaskan, beberapa orang menyadari sulitnya orgasme setelah menyadari kalau mereka menghabiskan waktu berbulan-bulan beraktivitas di kantor dengan duduk sepanjang hari. Namun, ada juga orang yang baru menderita gangguan setelah bertahun-tahun.

Untuk mencegah gangguan semacam ini, Van Kirk menyarankan untuk rutin bangkit dari kursi setiap setengah jam hingga satu jam selama jam kerja Anda tiap hari. Selain itu, jika Anda bekerja di ruang kerja yang cukup personal, Anda bisa meluangkan sedikit waktu untuk melakukan stretching atau perenggangan tubuh, misalnya squat, butterfly stretch, atau gerakan back bend.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com