Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Wanita Muda Kencani Pria yang Jauh Lebih Tua

Kompas.com - 03/05/2015, 11:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com -- Pasangan yang ideal umumnya terdiri dari wanita dengan usia yang lebih muda ketimbang pria. Rentang usia yang dimaksud tentunya tidak terlalu jauh, maksimal tujuh tahun. Namun, sekarang banyak pasangan di mana usia wanita sangat muda dibandingkan pria, bahkan bisa mencapai belasan atau puluhan tahun. Apakah hal ini normal?

Menurut Business Insider, para psikolog evolusioner menyatakan bahwa wanita muda seringkali berhubungan dengan pria yang jauh lebih tua karena kesuburan atau fertilitas para wanita hanya berlangsung sejak masa pubertas hingga masa menopause. Sementara itu, fertilitas pria berlangsung lebih lama, sejak masa pubertas hingga usia tua.

Artinya, ada manfaat strategis bagi wanita ketika berhubungan dengan pria yang lebih tua. Pria yang menjadi pasangannya tersebut memiliki lebih banyak waktu untuk stabilisasi, sehingga ia dinilai sebagai pasangan dan ayah yang lebih bersemangat dan penuh vitalitas.

Di samping itu, sebuah studi pun pernah dilakukan untuk meneliti alasan wanita muda menjalin hubungan atau bahkan menikah dengan pria yang lebih tua. Studi tersebut dilakukan pada tahun 2010 silam oleh para ahli dari University of Dundee di Skotlandia.

Para peneliti menemukan bahwa fenomena ini ada kaitannya dengan kondisi seorang wanita yang semakin mapan dalam hal keuangan. Menurut para peneliti, ketika seorang wanita semakin independen dalam aspek finansial, maka seleranya terhadap seorang pria berubah. Ia lebih tertarik kepada pria yang lebih tua dan berpenampilan lebih menarik.

Nah, bagaimana dengan Anda para wanita modern yang memiliki karier? Apakah Anda juga lebih tertarik kepada sosok pria yang lebih tua dan dewasa?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com