Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Desainer Gaun Fenomenal Rihanna di Met Gala 2015?

Kompas.com - 05/05/2015, 20:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Glamour

KOMPAS.com - Penyanyi Rihanna juga mencuri perhatian publik saat berjalan di
karpet merah ajang Met Gala 2015. Bagaimana tidak, Rihanna mengenakan gaun berwarna kuning keemasan yang panjangnya mencapai beberapa meter. Bahkan, Rihanna perlu bantuan tiga orang untuk mengangkat ekor gaunnya tersebut.

Gaun yang dikenakan Rihanna ini memang disesuaikan dengan tema Tiongkok yang diangkat pada gelaran Met Gala tahun ini. Setelah menyaksikan spektakulernya gaun Rihanna, banyak pihak yang bertanya-tanya tentang siapa perancang busana di balik gaun tersebut. Jawabannya adalah perancang adibusana asal Tiongkok, Guo Pei.

Pei (45) merupakan seorang perancang busana yang menetap di Beijing dan telah berkecimpung di dunia mode selama 26 tahun. Menurut The Straits Times, Pei mengenyam pendidikan mode di Beijing Second Light Industry School. Kemudian, Pei bergabung dengan perusahaan busana wanita siap pakai, Tian Ma, dan mulai menemukan jati dirinya sebagai desainer busana wanita.

Pei mendirikan Rose Studio, bisnis busananya sendiri pada tahun 1997 silam. Kabarnya, Pei baru memulai merancang gaun adibusana pada tahun 2005 lalu setelah melakukan perjalanan ke Paris, Perancis. Ia mengunjungi Musée de l'Armée atau Museum Militer Perancis dan melihat berbagai seragam militer pasukan Perancis di masa lalu.

Di museum itu, Pei begitu terinspirasi dengan seragam militer milik Napoleon Bonaparte. Sehingga, ia merancang sebuah ballgown yang seluruhnya terbuat dari benang emas. Gaun itu membutuhkan waktu pembuatan selama setahun penuh dengan bantuan 100 orang untuk melakukan proses bordir. Gaun tersebut diberi nama Magnificent Gold.

Tidak salah lagi, gaun emas inilah yang serupa dengan gaun yang dikenakan Rihanna pada Met Gala 2015 dan berhasil mencuri perhatian awak media serta para pecinta mode.

"Magnificent Gold adalah rancangan saya 12 tahun lalu. Gaun ini ditampilkan di sebuah ruangan di Met (Museum Seni Metropolitan di New York) dan membutuhkan satu ruangan penuh hanya untuk satu gaun. Saat merancang gaun itu, saya tidak tahu banyak tentang konsep adibusana," ujar Pei.

Gaun emas tersebut diakui Pei membutuhkan waktu pengerjaan selama 50.000 jam. Pei mengungkapkan, dirinya juga merancang gaun yang diberi nama Blue Porcelain yang membutuhkan waktu pengerjaan selama 10.000 jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Glamour
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com