Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/05/2015, 10:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Dailymail


KOMPAS.com -
Bergosip tak selalu berkonotasi buruk atau negatif. Pasalnya, sebuah penelitian terbaru mengklaim bahwa ketika seseorang menyimpan rahasia, bukan hanya berbahaya bagi emosi jiwa saja namun juga bagi fisik.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Columbia Business School, menyimpan rahasia sama dengan membawa beban fisik yang berat dan dapat menghabiskan banyak energi. Para peneliti mengungkapkan, bahwa semakin seseorang menyimpan rahasia, maka ia akan semakin memikirkannya, dan makin menguras sumber motivasi serta intelektual dari dalam dirinya.

Michael Slepian, rekan penulis penelitian mengatakan, "Menanggung beban rahasia membuat hal disekitar Anda nampak menjadi lebih menantang. Bila tak termotivasi untuk mengatasi tantangan tersebut, maka kinerja atau performa Anda akan berpengaruh buruk."
Slepian menjelaskan, kalau hal ini sama halnya ketika seseorang mengangkat beban fisik yang terlalu berat. Ia akan melihat sekelilingnya sebagai hal yang ekstrim dan menantang.

Menurut para peneliti, rahasia yang menyebabkan konsentrasi menjadi berkurang adalah rahasia yang berhubungan dengan uang, orientasi seksual, serta isu kesehatan. Namun Slepian menyarankan, jangan terburu-buru untuk membocorkan rahasia Anda. Ingatlah ketika Anda menceritakan rahasia pada orang yang salah, efeknya justru akan bertambah buruk.

Slepian lebih menyarankan untuk coba menelpon badan konseling yang tidak Anda ketahui identitasnya untuk membeberkan rahasia Anda ketimbang bercerita pada orang yang Anda kenal namun tak dipercaya. Alternatif lainnya adalah dengan cara menuliskan rahasia Anda pada sebuah jurnal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com