Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/05/2015, 13:40 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com - Apabila anak Anda tak memiliki waktu tidur yang rutin, ada baiknya dibiasakan sedari dini. Pasalnya menurut sebuah penelitian terbaru, terkumpul fakta bahwa waktu tidur yang rutin memiliki manfaat sangat luar biasa bagi anak berusia enam tahun kebawah. Bukan hanya anak akan tidur lebih cepat, waktu tidur yang rutin juga diketahui dapat membuat anak memiliki kualitas tidur yang lebih baik, sehingga dapat bangun lebih lama.

Selain pola tidur, manfaat lain dari waktu tidur rutin adalah kelakuan anak yang menjadi jauh lebih manis. Penelitian dari Saint Joseph's University and The Associate Director of The Sleep Center di Children's Hospital of Philadelphia ini melakukan studi terhadap 10.085 ibu dari 14 negara berbeda. Ditemukan bahwa ibu yang membiasakan anaknya tidur dalam waktu yang sama atau rutin lebih sedikit menghadapi masalah karena kelakuan dari sang anak.

Ketua sekaligus penulis penelitian, Jodi Mindell mengungkapkan, "Membuat waktu tidur yang rutin bagi anak adalah langkah mudah yang dapat dilakukan oleh tiap keluarga. Bukan hanya membuat anak jadi lebih cepat tidur, melainkan juga anak jadi tidur lebih baik sepanjang malam."

Mindell menyarankan, cobalah untuk memulainya pada anak sedini mungkin. Jika sulit, buatlah jam tidur rutin yang dilakukan satu hari dalam seminggu, kemudian tiga hari dalam seminggu, dan berlanjut hingga seminggu penuh. Berdasarkan American Academy of Sleep Medicine, agar anak dapat konsisten dalam waktu tidur cobalah melakukan kegiatan yang menyenangkan sebelum tidur. Seperti mandi, menyikat gigi, dan membacakan dongeng.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com