Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/05/2015, 07:15 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com — Penghasilan bocah berusia sembilan tahun ini cukup mencengangkan bagi sebagian orang dewasa. Bayangkan, dalam satu tahun bocah bernama Evan ini dapat menghasilkan 1,3 juta dollar AS atau setara dengan Rp 17 miliar. Lantas, apakah pekerjaan Evan?

Evan dan ayahnya, Jared, memiliki pekerjaan sebagai pengulas mainan. Lewat media sosial YouTube, keduanya menampilkan video review mainan dalam channel EvanTubeHD sejak tahun 2011. Empat tahun berjalan, ternyata video review mainan Evan dan sang ayah sangat disukai oleh para pengunjung YouTube. Hal itu terbukti dari jumlah subscribers yang mencapai 1,4 juta orang dengan total kunjungan halaman mencapai 1,2 miliar. Angka yang fantastis!

Jared, sang ayah, mengatakan, awalnya video review mainan ini ia buat dengan tujuan untuk bersenang-senang dan mendekatkan diri dengan anaknya. Tak disangka, jumlah penonton videonya tersebut terus bertambah.

"Ketika awal kami membuat chanel ini, kami sama sekali tak memiliki tujuan untuk mengasilkan uang dari video kami. Kami bahkan tak tahu bahwa ada kemungkinan tersebut," ujar Jared yang mengaku bahwa kesuksesan channel pengulas mainan ini tak lepas dari peran serta anak lelakinya, Evan. "Saya rasa, faktor penyebab terbesar saya dan Evan dapat sukses karena kemampuan Evan untuk terhubung dengan netizen. Evan melihat netizen sebagai teman dan sosok yang berhubungan langsung dengannya," terang Jared.

Jared dan Evan berbagi tugas untuk menyukseskan channel-nya ini. Jared bertugas merekam, mengedit, dan mengunggah video, sedangkan sang anak Evan bertugas menjadi video host sambil mengulas mainan. Adik Evan, Jilian, yang berusia enam tahun dan sang ibu, Alisa, juga kadang muncul dalam video review tersebut.

Keluarga yang saat ini berfokus pada pekerjaan impiannya itu saat ini mengaku bahwa uang yang didapat sebagian disisihkan untuk biaya pendidikan kedua anak hingga dapat duduk di bangku universitas. "Seperti kebanyakan orang, saya sering berpikir mengenai pekerjaan impian. Namun, saya tak pernah bermimpi dapat melakukan pekerjaan impian dengan membuat video kreatif sambil bersenang-senang dengan keluarga. Jelas ini adalah pekerjaan impian yang paling saya idamkan," ujar Jared.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com