Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Guyonan Sarkastik Tanda Kecerdasan Tingkat Tinggi

Kompas.com - 11/05/2015, 14:13 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com -- Ada yang mengatakan bahwa tingkat kecerdasan seseorang bisa dilihat dari gaya bercandanya. Apakah Anda bisa menempatkan sebuah lelucon ofensif terdengar lucu dan tidak menyinggung perasaan seseorang?

Sebab, menurut LiveScience, mereka yang andal dalam melemparkan lelucon pedas mengandung sarkasme, ditemukan lebih pintar, atraktif, dan mudah meraih kesuksesan.

Katherine Rankin, Neurophysiologist, University of California, San Fransisco, memaparkan soal evolusi biologis mengenai sarkasme dibuat dan diinterpretasikan pada sebuah bagian otak manusia. Alhasil, Rankin menyimpulkan, perkataan sarkastik menandakan kecerdasan sosial yang tinggi.

Selain itu, The Washington Post melaporkan bahwa dari penelitian terhadap 375 mahasiswa teknik, sarkasme dalam sebuah percakapan ternyata dapat memberikan efek penyelesai konflik masalah yang lebih baik ketimbang percakapan biasa.

Para responden juga dinilai lebih fokus menjalani pekerjaan setelah melakukan percakapan sarkasme. Orang yang pandai menyampaikan lelucon atau kalimat sarkasme, pada akhirnya cenderung lebih sukses dalam berkarier.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com