Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/05/2015, 15:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Pernahkah Anda telah bersiap untuk beraktivitas namun kulit wajah Anda terasa sangat kusam? Banyak faktor penyebab kulit wajah yang kusam, seperti kurang mengonsumsi air putih, terlalu banyak mengonsumsi alkohol, merokok, hingga terlalu lama terpapar udara dingin. Nah, ada cara mudah membasmi masalah kulit wajah kusam yang bisa Anda coba di rumah.

Mengutip situs Beauty High, cara mudah berikut dapat Anda lakukan di rumah guna mengusir masalah kulit wajah yang kusam. Berikut penjelasannya.

Pertama, Anda dapat menggunakan jeruk. Menurut Julia Teren, seorang formulator untuk Thesis, perasan jeruk lemon atau sari jeruk dapat menjadi bahan yang luar biasa untuk masker wajah guna membersihkan pori-pori. Selain itu, bahan ini juga dapat digunakan untuk mencerahkan kulit.

"Aplikasikan jeruk pada wajah Anda. Caranya, iris jeruk lemon menjadi dua bagian, aplikasikan pada kulit wajah, lalu bilas dengan air hangat. Cara ini mampu mencerahkan kulit Anda. Namun, cara ini dapat sangat reaktif bagi kulit super sensitif, jadi pastikan Anda menghentikan langkah ini jika kulit mulai bereaksi," ujar Teren.

Anda pun dapat menggunakan toner penyegar untuk menghindari kulit wajah yang kusam. "Saat bangun tidur, gunakan toner yang lembut dan mampu membersihkan pori-pori. Air mawar pun dapat membersihkan dan menyegarkan kulit secara lembut serta menghilangkan efek kusam," jelas Cecilia Wong, seorang pakar perawatan kulit.

Selain itu, Anda juga dapat membersihkan wajah Anda dengan tujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Dr Debra Jaliman, seorang dermatolog, menjelaskan bahwa kulit kusam terjadi lantaran sel kulit yang tidak meregenerasi jadi lebih baru sehingga sel-sel kulit mati tetap berada pada permukaan kulit.

"Saya menyarankan untuk mengaplikasikan tiga langkah pengangkatan sel kulit mati, yakni menggunakan Clarisonic, lapisan yang mengandung salisilat, glikolik, atau asam laktik, maupun proses pengangkatan sel kulit mati dengan cara alami," imbuh Jaliman.

Untuk menyamarkan kulit wajah yang kusam, Anda pun dapat mengaplikasikan alas bedak atau foundation yang melembapkan. Menurut Carol Shaw, pendiri LORAC Cosmetics, cara ini akan memberikan Anda riasan yang terlihat alami dan tetap lembap.

"Cara lain untuk menyamarkan kulit wajah yang kusam adalah dengan mengaplikasikan highlighter pada tulang wajah dan bronzer di bagian pipi. Kedua produk ini akan bekerjasama memberikan efek kulit wajah yang bersinar," ungkap Shaw.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com