Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koleksi Boneka Anak dengan Konsep Rayakan Perbedaan

Kompas.com - 19/05/2015, 08:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS.com -- Sebuah perusahaan mainan dari Inggris membuat gebrakan terbaru dengan meluncurkan boneka khusus yang dirancang atas permintaan klien.

Koleksi terbarunya ini membebaskan pembeli untuk merancang boneka sesuai keinginan anak. Tujuannya agar anak-anak memahami bahwa perbedaan yang ada di dunia ini patut dirayakan secara positif dan tenggang rasa.

Boneka dari perusahaan Makies ini memungkinkan para klien untuk merancang boneka yang diinginkan dalam berbagai bentuk ukuran tubuh, warna kulit, rambut, dan masih banyak lainnya.

Berbeda dari boneka lainnya, boneka Makies dapat ditambahkan alat bantu bagi anak disabilitas seperti tongkat berjalan, alat bantu dengar, kursi roda, sampai segala kekurangan seperti tanda lahir atau bekas luka.

"Beberapa minggu lalu, kampanye lewat Facebook Toy Like Me (#toylikeme) telah menjembatani "Diversity in the toy box" (perbedaan dalam kotak mainan). Membuat mainan yang merefleksikan anak-anak ke bentuk yang lebih berbeda daripada yang ditawarkan pasar mainan saat ini. Facebook Toy Like Me telah mengunggah makeover mainan untuk orangtua dengan anak disabilitas dan telah menerima 50.000 peserta. Terimakasih atas dukungan dan usaha dari para orang tua untuk representasi positif untuk mainan disabilitas," tulis juru bicara perusahaan Makies pada blog perusahaan.

Rencananya, boneka yang dibuat dengan teknik tiga dimensi in akan dibanderol dengan harga 69 poundsterling atau setara dengan 1,4 juta rupiah. Banyak aktivis yan gembira atas kehadiran boneka unik tersebut.

Tak ketinggalan para aktivis juga mendorong perusahaan mainan besar seperti Lego, Mattel, dan Playmobil untuk merancang mainan khusus bagi anak-anak disabilitas.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com