Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Bruce Jenner Angkat Bicara Soal Operasi Kelaminnya

Kompas.com - 19/05/2015, 13:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber People
KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, publik dihebohkan dengan keputusan mantan peraih medali emas Olimpiade, Bruce Jenner (65), untuk mengganti kelaminnya. Ayah tiri Kim Kardashian ini pun kembali membagi cerita tentang identitas barunya sebagai seorang wanita dalam wawancara bersama keluarga Kardashian.

"Seperti apa gaya berbusana kasual Anda? Apakah mengenakan denim?" tanya Kourtney dalam wawancara pada acara televisi Keeping Up With The Kardashians: About Bruce yang khusus menghadirkan topik tentang keputusan Bruce mengganti kelaminnya.

"Saya suka mengenakan jins tua dan sweter yang nyaman," jawab Bruce sambil tersenyum.

Selain itu, Bruce pun memberikan penjelasan yang lebih detil tentang berbagai operasi plastik yang dijalaninya, seperti operasi hidung, pengangkatan bibir bagian atas, dan operasi dahi. Saat menjalani wawancara, ia didampingi Kylie dan Kendall Jenner, kedua putrinya dari pernikahan dengan Kris Jenner.

Kemudian, Bruce terlihat sedikit emosional ketika ditanya apakah ia pernah mengenakan rambut palsu (wig). Menurut Bruce, ia sangat sedih setiap kali harus memotong rambutnya. "Hari-hari terburuk dalam hidup saya adalah ketika saya harus memotong rambut," ungkapnya.

Sebelum mengetahui sang ayah akan menjalani perubahan kelamin dari pria menjadi wanita, anak-anaknya sempat mengejeknya lantaran Bruce tampil dengan rambut panjang yang seringkali dikuncir ekor kuda. Menurut Bruce, ia berada pada posisi sulit lantaran ia dituntut memiliki rambut pendek karena ia adalah seorang pria.

"Saya ingin memiliki rambut panjang, namun lingkungan mengatakan saya harus memotong rambut karena saya seorang pria. Apakah ini (gaya rambut pendek) cocok untuk Bruce? Ya. Tapi, tidak cocok dan tidak nyaman untuk jiwa saya," tutur mantan atlet dekatlon ini.

Bruce sempat muncul di publik seusai menjalani operasi plastik dan mengumumkan keputusannya untuk menjadi seorang transjender dalam program televisi bersama presenter Diane Sawyer. Namun, belum diketahui nama yang dipilihnya setelah menjadi wanita. Keputusan Bruce ini menimbulkan berbagai opini, kritikan, maupun dukungan.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com