Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/05/2015, 22:52 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

Sumber Boldsky


KOMPAS.com -- Menjadi orangtua bukanlah sebuah hal yang mudah. Sebaliknya, Anda memiliki tanggung jawab penuh pada perkembangan dan pembentukan karakter anak. Oleh karena itu, jadilah orangtua panutan yang bisa diandalkan oleh anak.

Berikut lima prinsip menjadi orangtua yang baik:

1. Ikut terlibat dalam aktitvitas anak
Sebagai orangtua, sangat penting untuk terlibat dalam kegiatan sekolah atau harian anak. Jangan lupa bertanya mengenai bagaimana keseharian yang anak, apa saja yang mereka pelajari saat di sekolah, dan hal lain mengenai keseharian mereka. Dengan bertanya seperti ini akan memperkuat hubungan orangtua dan anak di waktu sekarang dan masa depan.

2. Jangan terlalu memanjakan
Hal yang penting bagi semua orangtua adalah jangan terlalu memanjakan anak. Jika anak salah maka Anda tetap harus menegurnya. Namun, jangan lupa berikan pujian atau apresiasi saat anak beprestasi.  Pujian dan teguran harus berada dalam takaran yang seimbang.

3. Jadilah panutan
Pada masa fase tumbuh kembang, anak akan menajdikan orangtuanya sebagai panutan. Syukur bila Anda dapat menajdi idola anak Anda. Jika tidak, teruslah berusaha untuk menjadi pribadi yang baik agar kelak anak Anda dapat menajdi pribadi yang baik pula.

4. Buatlah peraturan
Tidak ada salahnya membuat peraturan untuk si kecil, seperti waktu belaja  atau waktu kumpul keluarga.

5. Konsisten terhadap peraturan
Ketika Anda membuat suatu peraturan, konsistenlah untuk menerapkannya pada anak. Jika Anda dapat dengan mudah mengubah peraturan, maka seorang Anak akan dengan mduah melanggarnya. Ingat, Anda adalah panutannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Boldsky
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com