Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kesalahan Berbusana Hijab yang Kerap Dijumpai Menurut Ivan Gunawan

Kompas.com - 21/05/2015, 17:10 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Berbusana tertutup bagi umat muslim adalah salah satu bentuk amal ibadah. Meski demikian, tertutup bukan selalu berarti jauh dari kesan gaya dan stylish. Setidaknya, berbusana hijab yang rapi dan sedap dipadang adalah suatu kelebihan bagi para wanita muslimah. Sayangnya, tak semua orang tahu bagaimana cara mengenakan busana hijab yang menyenangkan untuk dipandang.

Menurut desainer sekaligus selebriti Ivan Gunawan, ada kesalahan yang kerap dilakukan para wanita berhijab di Indonesia. "Setiap hari, saya menjadi salah satu pengisi acara di program televisi yang rating-nya cukup baik. Dari acara tersebut, saya melihat banyak wanita berhijab mulai dari yang muda hingga tua, tampil bergaya dalam ragam busana dengan berbagai bentuk ukuran tubuh," ujar sang desainer yang akrab disapa Igun ini. Dari pengalamannya tersebut, Igun mengatakan bahwa kesalahan yang sering dijumpai pada para wanita berhijab Indonesia, adalah pemakaian manset (biasanya pada ujung lengan) yang seringkali mencuat dari balik pakaian.

"Kalau sudah berhijab, baiknya hindari mengenakan atasan berlengan pendek. Perbanyak saja koleksi atasan berlengan panjang. Akan lebih menyenangkan saat dilihat," ujar Igun saat ditemui pada acara jumpa pers kolaborasi dirinya sebagai desainer dengan label busana muslim, Zoya, di restoran Bunga Rampai, Jakarta (20/5/2015).

Menurut Igun juga, salah memilih atasan seperti lengan pendek, manset yang berfungsi sebagai dalaman, jadi terlihat mencuat hingga mengganggu penampilan. Igun juga menyarankan, ada baiknya jika ingin memilih atasan, pilihlah atasan dengan panjang sekitar 75 cm di bawah pangkal paha. Bukan hanya untuk menutup aurat saja, bagi para wanita berhijab dengan aktivitas tinggi, atasan yang lebih panjang dan tidak terlalu ketat juga dapat memudahkan ruang gerak.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com