Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/05/2015, 17:35 WIB
Magdalena Windiana Siahaan

Penulis

KOMPAS.com - Hiruk pikuk kota besar seperti Jakarta kerap membuat orang geram. Macetnya ibu kota seolah menjadi diorama dalam rutinitas sehari-hari. 

Salah satu penyebabnya adalah terus bertambahnya pengguna kendaraan pribadi. Meski beberapa orang mulai berpindah menggunakan jasa transportasi publik lain, kemacetan kadung menjadi bagian dari Jakarta. 

Hasilnya, waktu terasa terbuang percuma. Padahal, jika dipikir-pikir lagi, mungkin banyak hal penting dapat dilakukan saat berada di tengah kemacetan.

Bagi sebagian orang yang kreatif, transportasi publik seperti taksi kerap dijadikan pilihan. Bukan karena alasan kenyamanan saja, tapi transportasi satu ini dinilai dapat membantu agar waktu efisien.

Di dalam taksi, Anda bisa melakukan banyak hal meski sedang berada dalam kemacetan. Nah, apa saja aktivitas yang dapat dilakukan selagi menunggu jalanan kembali lancar? Berikut daftarnya.

 

www.shutterstock.com Jika tengah terjebak macet, Anda bisa mengerjakan beberapa pekerjaan kantor yang tertunda. Selama di dalam taksi, Anda bisa mengecek kembali pekerjaan apa saja yang harus diselesaikan.

Mengerjakan tugas kantor

Bagi Anda pekerja aktif, rasanya 24 jam saja tidak cukup untuk menyelesaikan pekerjaan. Semua pekerjaan terasa diburu waktu. Seperti kata Benjamin Franklin, waktu adalah uang.

Nah, jika tengah terjebak macet, Anda bisa mengerjakan beberapa pekerjaan kantor yang tertunda. Selama di dalam taksi, Anda bisa mengecek kembali pekerjaan apa saja yang harus diselesaikan. Manfaatnya, Anda bisa memperbaiki beberapa dokumen sehingga bisa lebih rinci dan rapi sebelum sampai kantor.

Merencanakan Agenda

Agenda terkadang menjadi hal yang terlupakan ketika kita sibuk bekerja. Untuk itu, saat-saat senggang merupakan waktu terbaik untuk mengatur kembali agenda pribadi atau pun keluarga. 

Di tengah kemacetan misalnya, Anda bisa mengatur kembali beberapa perencanaan dalam waktu terdekat. Anda bisa merencanakan perjalanan liburan, pertemuan dengan kerabat untuk sekedar silaturahmi atau mulai mengatur perayaan ulang tahun anak. Jangan lupa rencanakan survei lokasi, harga makanan, suvenir hingga kado yang cocok untuk buah hati anda.

Berbincang dengan pengemudi

Saat menunggu, tidak ada yang lebih baik selain menjalin komunikasi dengan sekitar. Jika Anda harus terjebak di tengah kemacetan, sesekali berbincang dengan pengemudi taksi rasanya akan menyenangkan.

Anda bisa bertukar pikiran tentang banyak hal. Angkatlah isu yang tengah marak dibicarakan, bisa berupa masalah politik, ekonomi, atau tanyakan promo taksi hari itu. Dengan begitu, kegiatan menunggu Anda akan terasa bermanfaat. 

Selfie?

Kegiatan ini bisa menjadi aktivitas menyenangkan untuk membunuh waktu. Setidaknya, kegiatan ini bisa menjadi kegiatan aktualisasi diri untuk menambah rasa percaya diri. Selama Anda bisa mengontrol, aktifitas satu ini bukanlah hal yang “diharamkan” dilakukan di dalam taksi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads

Copyright 2008 - 2023 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com