Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Efek Negatif Saat Orangtua Bertengkar Depan Anak

Kompas.com - 23/05/2015, 21:10 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber BOLDSKY


KOMPAS.com -
Bertengkar dengan pasangan di depan anak, sungguh perbuatan yang baiknya Anda hindari. Ada begitu banyak akibat buruk yang berpengaruh pada anak, hanya karena ledakan emosi Anda dan pasangan yang tak dapat ditahan. Cobalah untuk lebih bijak dan bersikap dewasa saat akan memulai perdebatan dengan emosi saat di depan anak. Seperti yang dilansir situs Boldsky, berikut adalah empat efek negatif yang dapat ditimbulkan saat Anda dan pasangan tanpa sadar bertengkar di hadapan anak:

1. Ketakutan
Imbas pertama yang pasti akan dirasakan oleh anak adalah rasa takut. Anak Anda mungkin saja dapat mengerti alasan mengapa kedua orangtuanya kerap bertengkar. Namun demikian, anak tetap akan merasakan ketakutan yang mengintimidasi dan mempengaruhi mental saat dirinya tumbuh.

2. Contoh Buruk
Sebagai orangtua harusnya Anda memberikan contoh yang baik dan menjadi panutan bagi anak. Ketika Anda dan pasangan bertengkar di depan anak, hal tersebut juga dapat dijadikan panutan atau contoh oleh anak dalam waktu dekat atau saat dewasa kelak.

3. Menjadi Galau
Ketika bertengkar dengan pasangan, sebenarnya mau tak mau anak jadi berpikir keras, pihak mana yang harus didukungnya. Bagaimanapun seorang anak tetap memerlukan perlindungan dari orangtuanya. Bertengkar di depan anak justru menjadikan anak galau untuk menentukan pilihan ayah atau ibu yang harus ia sukai, atau juga mana yang harus dibenci. Hal tersebut sungguh merupakan hal yang tidak disarankan dan tak sehat bagi seorang anak.

4. Kurang Bahagia
Masa kanak-kanak yang indah yang harusnya menjadi hak dari anak Anda, rusak hanya karena pertengkaran Anda dan pasangan di depan matanya. Sejatinya masa kecil hanya dapat terjadi sekali seumur hidup. Berikan masa kecil paling bahagia yang patut dikenang anak Anda sepanjang usia, bukan sebuah trauma menyakitkan yang harus diingatnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BOLDSKY
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com