Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata, Pria Lebih Sering Mawas Gaya ketimbang Wanita

Kompas.com - 25/05/2015, 07:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com -- Di masa kini, tidak hanya para wanita yang tampil modis dengan gaya busana terkini, para pria pun tidak mau kalah memperhatikan tren berbusana. Akan tetapi, siapa sebenarnya yang paling memperhatikan penampilan? Pria atau wanita?

Sebuah survei terbaru yang dilakukan di Inggris oleh sebuah label gaya hidup, Avaj, menemukan ternyata pria lebih memperhatikan penampilan. Avaj mengajukan pertanyaan kepada 1.000 orang dewasa di Inggris tentang kebiasaan merawat diri mereka. Akhirnya, ditemukan bahwa pria menghabiskan waktu lebih banyak memandangi diri mereka di cermin, yakni 23 kali sehari, dibandingkan wanita yang hanya 16 kali sehari.

Namun, ada perbedaan tujuan antara pria dan wanita saat memandangi diri mereka di cermin. Untuk sebagian besar pria, mereka memandangi cermin untuk mengagumi penampilan. Namun, para wanita yang disurvei cenderung memiliki mata yang bersifat kritis saat bercermin. Ya, wanita ingin meyakinkan diri mereka bahwa mereka tampil baik dan terobsesi pada bagian tubuh yang paling membuat mereka percaya diri.

Hasil survei ini sangat berbeda dengan survei sebelumnya yang digelar pada tahun 2012 silam oleh perusahaan Simple Skincare. Survei tersebut menemukan bahwa 75 persen wanita mengaku membenci penampilan mereka di cermin. Sementara itu, 39 persen di antaranya menyatakan bahwa melihat ke cermin menunjukkan seberapa besar kepercayaan diri mereka.

Tidak hanya itu, separuh dari 2.000 orang responden wanita menyatakan, mereka tidak mau keluar rumah bila tidak membawa cermin kecil demi leluasa mengecek penampilan mereka sepanjang hari. Sebanyaak10 persen responden mengaku mereka mengeluarkan cermin kecil dari tas setidaknya 10 kali dalam sehari.

Memastikan penampilan agar selalu prima memang sah-sah saja. Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk memiliki cara pandang baru tentang penampilan, bahwa tidak ada seorang pun yang diciptakan sempurna dan kini waktunya merayakan ketidaksempurnaan diri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com