Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/05/2015, 09:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Pantai merupakan salah satu tempat berlibur favorit keluarga. Selain dapat bermain dengan sensasi lautan, pantai pun menyajikan panorama yang menarik dan tidak boleh dilewatkan. Bagi Anda yang gemar beraktivitas dan menghabiskan waktu di luar ruangan, pantai adalah tujuan yang dapat selalu Anda pilih.

Untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, maka penting bagi Anda untuk mengaplikasikan tabir surya sebelum beraktivitas di luar ruangan. Hal ini berlaku tidak hanya untuk Anda yang ingin beraktivitas di pantai atau berenang, namun kegiatan apapun yang dilakukan di luar ruangan. Sebab, bila tidak dilindungi dengan tabir surya, maka kulit berisiko memerah hingga akhirnya bisa terbakar.

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun gemar beraktivitas di luar ruangan. Khususnya bagi anak laki-laki, aktivitas seperti bermain sepakbola adalah aktivitas yang identik dilakukan di luar ruangan saat matahari bersinar terik. Namun, amankah tabir surya apabila diaplikasikan pada kulit anak-anak?

"Menurut asosiasi perawatan kulit internasional, saat menginjak usia di atas enam bulan individu sudah memerlukan perlindungan sinar matahari. Ini juga berlaku bagi mereka yang kerja di dalam ruangan, mereka juga tidak luput dari sinar matahari, apalagi yang umumnya bekerja di dekat jendela," ungkap Melly SSi MBiomed dari Research and Development Martha Tilaar Center pada acara peluncuran Dewi Sri Spa Surya Majapahit Series, Kamis (21/5/2015).

Oleh sebab itu, anak-anak pun disarankan untuk menggunakan tabir surya sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan yang berisiko terpapar sinar matahari langsung. Akan tetapi, orangtua perlu memperhatikan formulasi produk tabir surya yang akan diaplikasikan pada kulit anak-anak.

"Pemakaian sunscreen saat ini sudah banyak pilihan. Banyak produsen sudah pintar menciptakan produk yang sesuai. Untuk bayi di atas enam bulan atau anak-anak, gunakan tabir surya yang khusus diformulasikan untuk anak-anak dan bisa berupa gel, krim, atau losion. Tentu saja diatur konsentrasinya. SPF-nya cukup 15 saja," ujar dermatolog dr Astrid MSi pada kesempatan yang sama.

Perlu diperhatikan pula, bahwa produk tabir surya kerap kali terasa lengket di kulit sehingga membuat anak-anak merasa tidak nyaman saat mengenakannya. Oleh sebab itu, ada baiknya orangtua memperhatikan formulasi produk tabir surya yang mengandung air agar tidak menimbulkan sensasi lengket.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com