Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/05/2015, 13:03 WIB
Sri Noviyanti

Penulis

KOMPAS.com – Setiap pekerjaan memerlukan kreativitas. Gunanya bukan hanya untuk kemajuan perusahaan, tapi mengasah kemampuan diri.

Berpikir kreatif menjadikan seseorang dapat memecahkan masalah dengan lebih baik. Bahkan, pengerjaannya akan lebih efektif dan maksimal.

Menurut para ahli, seorang pekerja kreatif selalu melihat segala sesuatu dengan cara berbeda dan baru. Tetapi, menggapai ide-ide kreatif butuh upaya. Kreativitas tak datang begitu saja, melainkan harus melalui proses dan terus digali.

Seorang pakar kreativitas Internasional, Michael Michalko, mengatakan bahwa ada 12 rahasia berpikir kreatif. Dilansir dari Theunboundedspirit, setidaknya inilah lima hal penting itu: 

Terlahir Kreatif

Tidak "haram" Anda meyakini bahwa diri Anda memang orang kreatif. Michalko mengatakan bahwa tiap orang sudah terlahir kreatif dan berpikir spontan.

Kita adalah apa yang dipikirkan. Orang kreatif adalah orang yang berhasil meyakini dirinya kreatif, begitu juga sebaliknya. Perlu diingat, tak ada batasan usia untuk menjadi orang kreatif.

Berpikir Kreatif adalah Pekerjaan

Anda harus memiliki tekad untuk melibatkan diri pada setiap proses penciptaan ide-ide baru dan berbeda. Semua itu harus Anda asah, dan jangan pernah menyerah.

Shutterstock Anda harus memiliki tekad untuk melibatkan diri pada setiap proses penciptaan ide-ide baru dan berbeda.

Perlu diingat, Thomas Alva Edison menciptakan 3000 ide sistem penerangan berbeda sebelum ia evaluasi mana yang lebih praktis, efektif dan efisien. Begitu juga Mozart, yang memproduksi lebih dari 600 lembar musik termasuk 41 simfoni, opera-opera aneh selama proses kehidupan kreatifnya sebelum banyak orang memuji karyanya.

Anda Berani seperti mereka? Di zaman serba mapan saat ini, Anda dapat menampung ide yang tiba-tiba muncul hanya dalam satu genggaman. Melalui ponsel pintar, misalnya. Jangan lupa catat ide-ide yang bisa muncul di mana saja. Di rumah, dalam dan luar kantor, atau saat di transportasi publik sekalipun.

Mengasah Otak dan Belajar Berpikir yang Tak Biasa

Otak Anda begitu dinamis. Otak bukan sistem pada komputer. Untuk itu, asahlah hingga Anda menciptakan hal baru dan berbeda, yang tak biasa. Out of the box, kata orang! 

Hasil asah otak memungkinkan Einstein menciptakan pemikiran-pemikirannya. Daya imajinasi yang dibiarkan tinggi membuatnya menciptakan skenario dalam otak untuk menciptakan ide-ide revolusioner mengenai ruang dan waktu.

Zaman sekarang, Anda mungkin tak perlu bersusah payah memikirkan teori seperti itu. Yang dibutuhkan hanya kepekaan. Pikirkan ide untuk hal-hal terdekat dulu. Namun, jangan lupa mencatatnya!

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com