Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata, Rambut Butuh Perlindungan Tabir Surya

Kompas.com - 25/05/2015, 14:15 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com - Pada hari-hari dimana matahari bersinar begitu terik, penting bagi Anda untuk mengaplikasikan tabir surya. Sebab, produk perlindungan kulit ini tidak hanya digunakan saat Anda berenang atau berjemur di pantai. Dengan mengaplikasikan tabir surya, maka kulit akan terhindar dari risiko terbakar karena sengatan sinar matahari.

Saat mengaplikasikan tabir surya, Anda harus memastikan agar produk teraplikasi secara rata di seluruh tubuh Anda. Akan tetapi, ada bagian tubuh yang seringkali luput dari pengaplikasian produk tabir surya. Ya, ternyata rambut Anda pun perlu untuk dilindungi oleh tabir surya sebelum beraktivitas di luar ruangan.

"Paparan sinar matahari pada rambut sama efeknya dengan kulit. Sehingga, sangat penting untuk melindungi rambut dengan cara yang sama," jelas Meri Kate O'Connor, pakar pewarnaan rambut senior dan instruktur di Eva Scrivo Salon di New York City, Amerika Serikat.

O'Connor mengungkapkan, sinar matahari dapat membuat dehidrasi pada rambut. Akhirnya, bila tidak dilindungi, rambut akan kusam dan dapat bercabang. Selain itu, paparan sinar matahari juga menyebabkan berkurangnya intensitaas warna rambut serta perlahan berubah warna menjadi lebih terang.

Memang, produk tabir surya untuk kulit sangat dengan mudah ditemukan di pasaran. Akan tetapi, tidak demikian halnya dengan produk tabir surya untuk rambut. O'Connor mengungkapkan, cara terbaik dan termudah untuk melindungi rambut dari paparan sinar matahari langsung adalah dengan mengenakan topi.

Akan tetapi, apabila topi juga dianggap tidak mampu memberikan perlindungan maksimal, maka baiknya menggunakan produk perlindungan untuk rambut. O'Connor menyarankan Anda untuk memilih produk rambut yang memiliki kandungan perlindungan terhadap sinar UV. Biasanya produsen akan menyertakannya pada label kemasan.

"Aplikasikan produk sebelum beraktivitas di bawah sinar matahari. Apabila Anda beraktivitas berenang, aplikasikan juga setelahnya, karena produk dapat saja terbilas air saat berenang," tutur O'Connor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com