Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebenarnya, Perlukah Rajin Membersihkan Vagina?

Kompas.com - 25/05/2015, 15:28 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com — Tak sedikit wanita yang memiliki masalah aroma tidak sedap pada area intim. Hal tersebut bisa jadi disebabkan oleh aktivitas di luar ruangan, celana yang terlalu ketat, dan kebiasaan yang buruk.

Salah satu cara membersihkan vagina dengan baik adalah dengan mandi dua kali setiap hari. Selain itu, Anda bisa menerapkan kebiasaan lain yang dapat merawat kesegaran dan kecantikan area intim, seperti membasuh dengan sabun dan tisu basah khusus vagina.

Nah, sebenarnya seberapa penting sih membersihkan vagina? "Bakteri pada vagina sebenarnya adalah bakteri baik. Tak ada alasan untuk membersihkan bakteri tersebut," ujar dr Iffah Hoskinis, seorang ginekolog dan spesialis obstetri.

Dr Hoskinis menegaskan bahwa sebenarnya tidak perlu membersihkan vagina. Jadi, Anda tak perlu terlalu mengkhawatirkan mengenai isu tersebut.  

Terlalu sering membersihkan vagina, kata dr Hoskinis, bisa mendatangkan bahaya. "Selalu ada risiko ketika membersihkan vagina dapat menyebabkan infeksi. Sebab, pH pada vagina secara otomatis sudah diatur secara alamiah. Membersihkan vagina justru dapat mengubah ekuilibrium. Bagi saya, sama sekali tak ada alasan untuk membersihkan vagina," ujarnya.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com