Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koleksi Memukau Ghea Panggabean di IFF Cannes, Perancis

Kompas.com - 26/05/2015, 08:00 WIB


KOMPAS.com –
Desainer kebanggaan Indonesia, Ghea Pangabean, yang selalu menghadirkan karya busana dengan inspirasi budaya tanah air, menggelar koleksi muslimnya dalam acara Islamic Fashion Festival (IFF) di Cannes, Perancis, pada hari Jumat (22/05/2015) malam. Tamu undangan yang hadir saat acara pun terpukau dengan koleksi yang dihadirkan. 

Wanita kelahiran Rotterdam yang sudah malang melintang dalam dunia fashion ini, menampilkan beragam busana muslim dengan songket sebagai sumber inspirasi rancangannya. Padanan bahan sutra, satin hingga chiffon pilihan pada setiap detail busana, menampilkan kesan elegan yang kuat.

Ghea menampilkan deretan koleksi etnik berdetail bordir yang kaya akan motif. Dominasi hitam dan putih dengan injeksi nuansa keemasan, juga ditampilkan lewat padanan motif yang diambil dari daerah Sumatera dan Jawa. Kental akan budaya Indonesia dalam kreasi modern, memang menjadi tujuan Ghea saat menggelar koleksi busana muslimnya di ajang yang digagas Datto Raja Rezza Shah ini.

KOMPAS.com/ DINI KUSMANA MASSABUAU Ghea Panggabean menampilkan deretan koleksi etnik berdetail bordir dan kaya akan motif.

"Pada awalnya, pergelaran Islamic Fashion Festival merupakan sebuah tantangan bagi saya. Tidak mudah untuk bisa mendesain busana muslim, ada beberapa ketentuan yang harus ditaati dan tidak boleh dilanggar, namun bagaimana caranya agar kreasi saya tetap memiliki ciri khas serta mengikuti tren yang ada. Menciptakan sebuah karya busana muslim membuat saya merasa excited dan tentunya sebagai orang Indonesia, saya selalu dan akan tetap membawa motif yang mencirikan Indonesia ke dalam setiap hasil karya saya," ujar Ghea saat ditemui Dini Kusmana Massabuau, kontributor Kompas.com di Cannes, Perancis.

Desainer yang pernah menggelar peragaan busana muslim untuk foundation Pangeran Albert di Monaco, Milan, London dan beberapa negara lainnya ini, juga bangga dapat mengangkat sekaligus memperkenalkan keragaman budaya tanah air ke dalam sebuah pergelaran mode bertaraf internasional. Bahkan,  di tahun 2012, berkat karyanya yang selalu mengangkat budaya Indonesia, Ghea Panggabean menjadi salah satu tamu undangan Ratu Inggris dalam acara Banquet Dinner yang digelar dalam rangka hubungan baik antar dua negara, Inggris dan Indonesia.

Karya busana muslim Ghea akan kembali dipamerkan dalam skala internasional pada bulan Desember nanti yang bertempat di Marakesh, Maroko.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com