Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kontroversi Pose Model Wanita Menyusui Bayi di Sampul Majalah

Kompas.com - 26/05/2015, 11:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS.com --
Majalah ELLE Australia hadirkan kreativitas fotografi yang terbilang tidak biasa. Pada edisi terbarunya, sampul majalah gaya hidup wanita tersebut tampilkan model wanita sedang memberikan ASI.  Sang model, Nicole Trunfio (29), tampak penuh percaya diri berpose sembari menggendong dan menyusui putranya, Zion (4 bulan).

Namun, foto sampul Trunfio sedang memberikan ASI ini hanya dapat Anda lihat pada ELLE versi online. Sementara itu, untuk edisi cetaknya, foto pilihan yang dihadirkan bukan Trunfio sedang menyusui Zion, tapi pose tengah menggendong putranya kesayangannya tersebut.

Keputusan membedakan foto sampul versi online dan cetak ini menciptakan pro dan kontra di antara para pembacanya. "Di luar hal membuat aktivitas menyusui di depan umum menjadi sesuatu yang lazim, sebenarnya ada hal lain yang perlu diketahui publik untuk tidak menghakimi wanita. Entah itu menyusui di depan umum, tidak menyusui atau tak dapat menyusui," ujar Justine Cullen, Editor In Chief, ELLE Magazine Australia.

Mengenai hal ini, Trunfio turut berkomentar menanggapi pose kontroversialnya ini lewat akun Instagram.

"Tak ada yang lebih kuat dan lebih indah ketimbang kasih sayang seorang ibu pada anaknya. Hal terakhir yang ingin aku lakukan adalah menjadi kontroversi. Terimalah hal ini, buatlah kami para ibu merasa normal untuk menyusui di depan umum. Tak ada yang lebih buruk ketimbang ibu yang dihakimi karena memberi makan pada bayinya sedan lapar, meskipun di depan umum," tulis Trunfio.

"Aku sangat bangga dengan sampul depan majalah ini dan untuk apa yang aku yakini. Aku jelas tak tampil seperti itu ketika menyusui. Namun, ada pesan yang mewakili seluruh wanita di luar, entah kau menyusui atau tidak, kita melahirkan, kita adalah wanita, dan kita adalah ibu," imbuhnya.

Cullen sendiri mengatakan bahwa ide menampmilkan pose Trunfio memberikan ASI pada bayinya tercetus secara spontan, bahkan tidak pernah didiskusikan saat rapat redaksi dengan tim jurnalis ELLE.

"Itu benar-benar bukan sesuatu yang direncanakan. Zion butuh makanan dan Nicole menyusuinya, kami melihat betapa indahnya tampilan tersebut dan mengabadikannya pada sejumlah foto," terang Cullen.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com