Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/05/2015, 12:40 WIB
Sri Noviyanti

Penulis

 

KOMPAS.com – Bagi kaum urban, agenda yang terencana saja tidak cukup. Mereka kerap memiliki agenda ganda dalam satu waktu. Karena itu, urusan efisiensi waktu harus menjadi keahlian baru mereka.

Umumnya, jika agenda yang sudah direncanakan tidak terlakasana, ada kemungkinan agenda lainnya ikut kacau. Lalu, apa saja kebiasaan yang dilakukan kaum urban untuk efisiensi waktu. Berikut di antaranya:

Multitasking

Menjalankan dua aktivitas sekaligus adalah hal umum yang dilakukan kaum urban. Coba perhatikan, berapa banyak orang yang pernah Anda lihat sedang makan siang, tapi sibuk membalas email lewat smartphone-nya? 

Contoh lainnya, berjalan sambil menelepon teman atau kolega untuk agendakan pertemuan. Bahkan, tak jarang sambil berjalan di keramaian tapi tangan dan matanya sibuk dengan ponsel.

Multitasking untuk efisiensi waktu memang "andalan" kaum urban. Sambil menyelam minum air, begitulah mereka memanfaatkan waktu agar agendanya berjalan sesuai rencana.

Olahraga Sepulang Kerja

Siapa bilang kesibukan menjadi kendala kaum urban untuk berolahraga? Kebanyakan kaum urban saat ini justeru sadar dengan gaya hidup sehat.

Umumnya, mereka pilih-pilih makanan sehat atau menu diet hingga melakukan olah tubuh sebagai prioritas. Tak heran, kini maraton menjadi olahraga yang sedang happening. Toh, di tengah kesibukan yang padat, mereka tetap bisa melakukannya.

Sulit? Ternyata tidak. Kuncinya hanya pintar membagi waktu. Siang bekerja, malamnya berolahraga. Begitulah lazimnya rutinitas mereka. Di sudut-sudut pertokoan, mal atau komplek perumahan pusat kebugaran berdiri dan digandrungi, bahkan di malam hari.

Lembur

Kebiasaan yang satu ini tak dapat dihindari. Kaum urban memilih lembur bukan karena tambahan materi semata, tapi juga karena tak rela akhir pekannya terganggu. Daripada masih disibukkan dengan urusan pekerjaan, mereka lebih memilih lembur agar waktu luangnya dapat dinikmati bersama keluarga.

Shutterstock Akhir pekan selalu menjadi waktu yang dinanti demi menyegarkan pikiran.

Work hard, play hard

Bekerja keras harus diimbangi dengan hiburan. Kaum urban biasanya pintar curi-curi waktu di tengah mobilitas yang tinggi. 

Ya, waktu luang mereka memang dimanfaatkan dengan maksimal. Jangan heran, mereka bisa melakukan travelling singkat mulai Jumat selepas kerja hingga Minggu. Akhir pekan selalu menjadi waktu yang dinanti demi menyegarkan pikiran.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com