Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Bumbu Dapur Ini Bisa Jadi Rahasia Kecantikan Anda

Kompas.com - 26/05/2015, 18:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com - Untuk menjaga kecantikan ternyata tidak perlu melewati cara yang sulit. Sebab, bumbu dapur yang ada di rumah Anda pun dapat dimanfaatkan dalam rutinitas kecantikan sehari-hari. Selain menjaga kesehatan, Anda pun dapat terlihat lebih cantik.

"Banyak rempah-rempah yang sudah ada di dapur Anda merupakan sumber-sumber untuk memperoleh kulit yang lembap, bersih, dan berkilau," ujar Heather Scholten dari Spiceologist.

Berikut dalah beberapa jenis rempah-rempah yang dapat Anda manfaatkan dalam rutinitas kecantikan Anda.

1. Cengkeh
Minyak cengkeh dapat Anda manfaatkan sebagai pembersih wajah dan mengandung pula zat-zat antibakteri. Cengkeh atau minyak cengkeh pun dapat digunakan untuk mencegah kerontokan rambut sekaligus menebalkannya.

2. Kunyit
Rempah ini tidak hanya berguna sebagai antibakteri dan antiseptik, namun juga dapat digunakan sebagai campuran dalam minuman smoothie guna memperoleh kulit bebas peradangan. Bila digunakan sebagai masker wajah, kunyit dapat membuat kulit Anda bersih dan berkilau.

Campurkan satu sendok teh oatmeal, kunyit, dan madu, kemudian aduk rata. Aplikasikan pada wajah dengan menggunakan kuas halus dan diamkan selama 10 hingga 15 menit. Bilas dengan air dingin kemudian bersihkan wajah dengan pembersih yang biasa Anda gunakan.

3. Kayu Manis
Kayu manis dapat membuat bibir Anda terlihat penuh secara alami. Caranya, basahi kayu manis dan gosokkan pada bibir. Kayu manis bermanfaat dalam mengangkat sel kulit mati dan meningkatkan sirkulasi darah pada bibir secara temporer.

4. Jahe
Sudah terkenal bahwa rempah ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Jahe dapat meredakan sirkulasi darah yang fluktuatif sekaligus pembuluh yang bengkak. Selain itu, jahe juga dapat meminimalisir selulit.

Untuk membuat scrub dengan jahe, tumbuk setengah gelas beras. Tambahkan seperempat gelas gula merah, dua sendok teh jahe yang telah diiris tipis dan satu sendok teh santan, kemudian campurkan. Aplikasikan pada area selulit, gosok, dan bilas dengan air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com