Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perlukah Surat Tanda Tangan Persetujuan Sebelum Memulai Operasi Plastik?

Kompas.com - 01/06/2015, 10:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS.com - Jika biasanya dalam prosedur medis seorang pasien yang akan menjalankan tindakan operasi membutuhkan persetujuan pihak keluarga, maka apakah hal yang sama juga berlaku untuk prosedur operasi plastik? Pasalnya, operasi plastik, lebih mengkhususkan segi estetikanya. Sampai saat ini, operasi plastik di Indonesia memang masih sering diidentikan dengan hal-hal berbau negatif yang tak jarang mengundang opini tersendiri.

Lewat wawancara Kompas Female dengan spesialis bedah plastik, dr Teuku Adifitrian yang akrab disapa dr Tompi, menjelaskan, ternyata prosedur operasi plastik tak memiliki aturan yang ketat, layaknya tindakan operasi pada umumnya. "Kalau pasien berusia di atas 17 tahun, tak perlu ada tanda tangan pihak keluarga. Cukup pasien saja, dan mungkin seorang saksi yang bisa pihak keluarga ataupun teman," ujar dokter Tompi.

Tetapi menurutnya ada pengecualian lain. Seperti saat tindakan operasi plastik yang akan dijalankan tersebut bukan keinginan dari sisi kecantikan saja, namun perbaikan wajah yang hancur atau perlu ditata ulang kembali akibat kecelakaan. "Karena pasien tidak sadar dan harus dilakukan rekonstruksi pembedahan, maka hal-hal seperti ini yang diperlukan persetujuan dari pihak keluarga," jelas dr Tompi. 

Untuk itu, dr Tompi menambahkan, penting bagi pasien untuk tahu dan sadar betul prosedur operasi atau bedah plastik yang akan dijalaninya. "Kalau untuk perubahan bentuk wajah dari sisi kecantikan dan estetika, pasien datang dengan keadaan sehat walafiat. Tentunya agar mendapatkan penampilan seperti yang diinginkan. Sedangkan kalau untuk pasien yang memang perlu rekonstruksi, keadaannya malah terbalik karena pasien tidak berdaya. Sehingga prosedur persetujuannya pun berbeda," ujar dr Tompi.

Ia sendiri menyarankan, pasien operasi plastik yang menginginkan perubahan dan cenderung pada segi estetika, ada baiknya telah matang secara emosional maupun fisik. Sehingga tak perlu galau dengan prosedur operasi plastik yang akan dijalaninnya. 

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com